Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Jangan Abaikan Laporan ini Jika Tidak Mau Omset Anda Terjun Bebas

Jangan Abaikan Laporan ini | Membangun Sebuah Bisnis memang Tidak mudah, Ada banyak sekali tantangan yang harus anda hadapi pada setiap proses nya. Namun jika anda dapat menyelesaikan setiap tantangan tersebut maka anda dapat meraih Goal dari bisnis anda. Tentunnya dalam menjalankannya anda tidak boleh lengah akan keadaan yang membuat anda mengabaikan beberapa unsur penting bisnis yang nantinya malah akan menjatuhkan omset usaha anda. Pengechekan, Pencatatan, Pembukuan, Penyusunan Laporan akan berguna sebagai Update dari aktifitas dan informasi harian bisnis anda. Nah beberapa Laporan dibawah ini merupakan bagian penting dari informasi bisnis yang masih sering dibaikan oleh pengusaha. Apa saja ?

Jangan abaikan laporan

informasi Hutang Piutang

Aktifitas Hutang dan Piutang sangat berpengaruh pada aliran kas dan keberlangsungan Perusahaan anda.  Namun secara tidak sadar Pencatatan mengenai Hutang Piutang ini sering diabaikan oleh para pengusaha. Terkadang Sebuah Usaha terlalu Fokus untuk Menjual dalam jumlah yang besar dan dengan laba yang tinggi tanpa memperhatikan Perputaran dana Hutang Piutang yang sedang berlangsung. Dikarenakan kurangnya kontrol atas Hutang piutang, Akibatnya akan sangat Fatal bagi keuangan Usaha anda.

Laporan Umur Piutang

Laporan Umur Piutang akan memberi informasi tentang Posisi Piutang pada masing- masing Pelanggan anda. Anda dapat membuat beberapa Tipe Golongan berdasarkan lamanya Piutang Pelanggan tersebut. Hal ini akan memudahkan anda melakukan pengecekkan dan Pertimbangan untuk pengambilan keputusan atas pelanggan yang bersangkutan maupun atas kondisi keuangan arus kas anda. Laporan ini juga berguna untuk mengambil langkah Penagihan kepada Pelanggan anda saat piutang mendekati periode jatuh tempo.

Laporan Umur Hutang

Hampir sama dengan Umur Piutang Hanya saja Hutang akan mencatat informasi transaksi yang berhubungan dengan Vendor atau supplier. Laporan Umur Hutang ini akan memberi Informasi mengenai hutang yang masih tersisa berdasarkan range umur Hutang. Sering terjadi dimana Banyak transaksi Pembelian yang ternyata belum dilunasi sedangkan disisi lain Perusahaan terus menerus melakukan Pengadaan stock. Dengan mengetahui Informasi Hutang yang beredar beserta umur nya ini akan memudahkan anda melakukan pembayaran tepat waktu, membuat manajemen keuangan lebih stabil dan terkendali. 

informasi persediaan dan stock

Bagi Usaha yang bergerak dibidang perdagangan Barang, Pasti anda setuju bahwa Laporan stock adalah hal yang sangat Penting. Namun kembali lagi, secara tidak sadar kita sering mengabaikan laporan stock dikarenakan beberapa alasan seperti tidak sempat mengupdate stock karena Aktifitas dagang sedang padat, Banyak nya variasi barang membuat bingung pencatatan dan berbagai alasan lainnya. Lalu apa yang terjadi ?

Suatu ketika anda harus menjual barang yang ternyata stock nya sudah habis, dan anda harus mengambil dari supplier namun harga nya sudah naik, lalu bagaimana ? Pelanggan anda bisa saja beralih ke pesaing anda.

Atau anda terlalu Fokus untuk membeli stock baru namun ternyata stock digudang anda atas barang tersebut masih menumpuk, sedangkan penjualan atas barang tersebut tidak begitu bagus. Kelebihan Stock Persediaan bisa mengganggu arus kas perusahaan.

Jangan sampai kelalaian ini berlanjut. Jika tidak hal ini akan mempengaruhi keadaan bisnis anda.

Laporan Ketersediaan Barang

Mencatat Barang dagangan secara Detail dan spesifik sangat Perlu. Apalagi jika ternyata barang yang anda jual tidak sedikit dan bervariasi. Stock yang Update tentunya akan memudahkan penjualan barang anda. Jangan Lupa untuk selalu mencatat Mutasi barang, Perpindahan barang pada tiap Gudang. dan Penambahan serta Pengurangan Barang akibat transaksi dagang. Barang mana yang akan habis dan perlu distock dsb.  Laporan ini harus anda Update secara berkala karena hal ini akan berhubungan dengan Penjualan dan Omset anda. 

Laporan Umur Persediaan

Laporan Umur Persediaan adalah laporan yang akan memberi Informasi mengenai status Persediaan yang dikelompokkan berdasarkan usia. Laporan umur Persediaan ini dapat menilai waktu yang dihabiskan produk dalam masa penyimpanan  dan membantu kebijakan pengelolahan untuk produk yang bergerak lambat. Dengan memiliki Laporan ini anda dapat mengidentifikasi dan menganalisa Produk- Produk yang memiliki Pergerakan Cepat maupun Lambat. Dengan begitu anda dapat mengambil keputusan dan kebijakan mengenai proses bisnis selanjutnya.

Demikian Artikel mengenai ” Jangan Abaikan Laporan ini Jika tidak ingin Omset Terjun Bebas” Semoga Bermanfaat dan sampai Jumpa pada Artikel selanjutnya.