Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Informasi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Anda

Informasi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Anda
Informasi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Anda

Informasi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Anda |Rekonsiliasi adalah suatu pencatatan yang dilakukan oleh pihak bank dan perusahaan untuk merekap segala transaksi keuangan yang masuk dan keluar. Bertujuan agar bisa di cocokan untuk meminimalkan kesalahan pencatatan. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap pencatatan sering terjadi perbedaan pencatatan antar perusahaan dan bank. Misalnya biaya administrasi, biaya materai, bunga bank.Karena itu, perlunya adanya proses rekonsiliasi bank dan dilakukan secara berkala oelh pihak perusahaan.

Mengapa harus dilakukan rekonsiliasi ?

Rekonsiliasi juga harus diselesaikan secara berkala pada semua rekening bank, untuk memastikan bahwa catatan kas perusahaan benar. Hal ini juga digunakan sebagai kontrol yang lebih baik atas penerimaan dan pembayaran yang dilakukan secara tunai.

Manfaat rekonsiliasi ?

Manfaat rekonsiliasi bank yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang janggal, maka saldo kas yang dilaporkan bank akan sama persis seperti catatan perusahaan. Dan berguna untuk mengetahui penerimaan dan pengeluaran yang sudah terjadi di bank tetapi belum dicatat oleh perusahaan.

Rekonsiliasi memiliki beberapa jenis :

  • Rekonsiliasi Bank adalah proses pencocokan transaksi antara catatan buku bank perusahaan dengan catatan bank dalam rekening koran.
  • Rekonsiliasi Hutang adalah proses pencocokan transaksi antara catatan hutang perusahaan dengan catatan hutang pemasok.
  • Rekonsiliasi Piutang adalah proses pencocokan transaksi antara catatan piutang perusahaan dengan catatan piutang pelanggan.
  • Rekonsiliasi Merchant Credit Card adalah proses pencocokan transaksi antara catatan piutang credit card perusahaan dengan catatan piutang pihak merchant credit card.

Apa yang menjadi penyebab utama ketidak ada kesamaan antara saldo kas perusahaan dan rekening koran dari bank, antara lain :

  1. Terjadi adanya saldo masuk seperti bunga bank bulanan.
  2. Terjadi adanya biaya administrasi bank bulanan.
  3. Terjadi adanya biaya pajak bank bulanan.
  4. Terjadi adanya saldo masuk atau saldo keluar karena ada pencairan dana dari BG / Cek pada dihari libur.
  5. Terjadi adanya biaya auto debit.
  6. Terjadi adanya biaya materai.
  7. Terjadi adanya biaya buku BG / Cek.

Artikel Yang Perlu Anda Baca :