Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Hindari Piutang Tak Tertagih Pada Bisnis Anda dengan 4 Cara ini

Hindari Piutang Tak Tertagih

Hindari Piutang Tak Tertagih Pada Bisnis Anda dengan 4 Cara ini | Piutang merupakan Hutang Pelanggan pada usaha yang sedang anda jalankan. Sedangkan Piutang tak tertagih merupakan salah satu kerugian bagi perusahaan akibat Hutang pelanggan yang tidak dilunasi yang menyebabkan terhambatnya arus kas Usaha. 

Jual beli merupakan Transaksi dasar yang sangat penting dalam Bisnis. Besarnya Penjualan dan keuntungan tentunya harus sebanding dengan pemasukkan dana kas yang ada. Namun terkadang banyak sekali usaha yang terjanggan hanya gara- gara besarnya piutang yang belum tertagih. Hal ini tentunya merupakan masalah yang penting. Untuk itu anda sebagai pelaku usaha harus memiliki cara dalam menghindari nya. 

Berikut ini 4 Cara dan Tips yang dapat anda gunakan untuk menghindari piutang tak tertagih. 

1. Buat jadwal follow up tagihan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat Jadwal penagihan pada customer atau pelanggan anda. Hal ini sangatlah penting karena sebagain besar piutang tak tertagih di karenakan lupa akan jatuh tempo pembayaran customer. Anda dapat membuat jadwal tersebut dengan mencatat tanggal jatuh tempo setiap Invoice pelanggan. dan berikan jeda beberapa hari sebelum jatuh tempo, agar pelanggan anda juga dapat mempersiapkan pembayarannya. Dengan begitu anda telah meminimalkan adanya Lupa dan ketidaksiapan Pelanggan dalam membayar tagihan atas penjualan anda. 

2. Berikan Kredit LImit dan denda keterlambatan

Batasan dan Denda merupakan salah satu upaya agar pelanggan anda disiplin dalam melunasi hutang kredit nya. dalam menentukan kredit limit dan denda keterlambatang anda dapat memutuskan berdasarkan tipe- tipe pelanggan anda atau bisa juga anda samakan. anda juga dapat membedakan beberapa tingkatan pelanggan agar memudahkan mengambil keputusan kredit limit. Inti dari poin ini adalah mengupayakan customer membayar tepat waktu yang tentunya secara tidak langsung meminimalisir adanya piutang tak tertagih. 

3. kebijakan jatuh tempo pada masing- masing pelanggan

Buatlah kebijakan jauh tempo tagihan pada masing- masing pelanggan. atau jika tidak anda juga dapat menerapkan pada nominal pembelian pelanggan. Pembelian dalam jumlah yang besar oleh pelanggan jika terjadi piutang tak tertagih akan menyebabkan dampak pada arus kas usaha. Itulah sebab nya anda harus mengenali bagaimana karakteristik pembayaran yang ada di pelanggan anda. 

4. memantau secara berkala laporan pembayaran pelanggan

Tentunya anda mencatat Pemasukkan dan Pengeluaran Biaya maupun Pendapatan di Usaha anda bukan ? Gunakan Informasi catatan tersebut untuk menganalisis Pembayaran Piutang pelanggan secara keseluruhan. Dengan Begitu, anda dapat mengevaluasi dan mengambil kebijanan di setiap periode untuk menghindari adanya piutang tak tertagih. 

Demikianlah Artikel mengenai “Hindari Piutang Tak Tertagih Pada Bisnis Anda dengan 4 Cara ini” Semoga dapat bermanfaat untuk bisnis anda. 

Sampai Jumpa di artikel selanjutnya.