Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang

Di dalam bisnis persediaan Barang memegang posisi penting di dalam suatu bisnis. baik di dalam bisnis dagang ataupun manufaktur. persediaan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik bisnis. Karena  masing-masing persediaan memiliki jangka waktu penyimpanan untuk dijual atau pun dikelola

Pengelolaan persediaan dapat dikatakan optimal bila berada dalam taraf tanpa adanya resiko pada perusahaan. Biasanya resiko Persediaan terjadi  diakibatkan adanya suatu persediaan mengalami  seperti: kerusakan barang, kehilangan barang.

Dalam Artikel ini akan mengulas Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Pebisnis dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Agar bisnis anda Dapat Berjalan secara optimal dan efisien

Hal Yang Perlu Dicermati Dan Diperhatikan Dalam Mengelola Persediaan Barang Di Bisnis Anda

  • Pengaturan Gudang Penyimpanan

Penyimpanan Gudang  adalah salah satu Elemen terpenting dalam menjaga dan mengelola barang persediaan. Dalam Mengatur Penyimpanan persediaan di gudang anda perlu memperhatikan seperti suhu, temperature, kelembaban, kebersihan serta keamanan yang terjamin.

Selain itu sistem Pengelolaan persediaan di gudang anda dapat mengatur jadwal persediaan dan menetapkan cara menyimpan yang tepat pada saat barang diterima

  • Menetapkan Standard Operational Procedure (SOP) yang Efektif dan Efisien

Dalam Mengelola Persediaan Pebisnis dapat menetapkan Standart Operational procedure ( SOP) dalam Kegiatan Keseluruhan Gudang.

dengan Adanya Standart operational prosedur dapat menjadi petunjuk dalam menerapkan pekerjaan rutin, memudahkan operasional kerja semua pihak yang terlibat dalam Kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas di gudang.

SOP dijadikan landasan perusahaan menjadi lebih jelas dan terarah karena memiliki acuan operasional yang baku.

  • Pahami Sistem Pencatatan yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Banyak ditemui Pebisnis kurang memahami sistem Pencatatan yang tepat untuk bisnis anda sehingga menyebabkan barang terlalu lama tertahan dalam gudang dan tidak jarang banyak barang yang telah kadaluwarsa ataupun rusak.

Dengan tidak mengenal dan memahami sistem persediaan pebisnis akan memikul beban lebih besar yang berdampak pada kerugian bisnis yang sedang dijalankan

untuk Mengenal dan memahami Sistem pencatatan persediaan anda bisa klik Link disini

  • Sering Melakukan Stok Opname Dan Pengecekan Persediaan Barang Secara Berkala

Sering Melakukan Stok Opname merupakan salah satu elemen penting dalam mengelola persediaan. stok opname dapat dijadikan fungsi sebagai instrumen pengendalian intern perusahaan. Dengan melakukan Stok opname Perusahaan dapat mengetahui secara pasti tentang jumlah persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang.

Jika ditemukan adanya selisih anda dapat mengecek apakah ada kemungkinan da transaksi yang belum dicatat, atau anda menemukan kecurangan yang berkaitan dengan persediaan.

artikel lengkap mengenai stok opname Klik disini

  • Menysusun Laporan Persediaan

dengan melakukan Menyusun Laporan Persediaan pebisnis dapat mengetahui secara pasti nilai persediaan yang ada digudang yang belum terjual dan membantu pebisnis untuk merencanakan unit produksi secara tepat dan bisa mengurangi biaya penyimpanan persediaan dan bisa menekan biaya produksi sehingga keuntungan perusahaan akan maksimal.

Baca Juga Artikel Terkait :