Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Hal Penting Dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Retail

Hal Penting Dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Retail. Hubungi: Firdaus 081703354372

Hal Penting Dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Retail

Persediaan merupakan aset perusahaan yang bisa menghasilkan pendapatan atas terjualnya persediaan tersebut pada pelanggan. Karena persediaan ini bisa membuat perusahaan untung atau malah merugi jika salah dalam mengelola persediaan. Karena pentingnya persediaan bagi perusahaan, oleh karena karena itulah persediaan harus dikelola dengan baik.

Masih banyak pelaku bisnis yang mengabaikan manajemen persediaan, hal ini akan berdampak serius pada perusahaan, diantaranya adalah :

  • Stok berlebihan digudang menyebabkan rusak karena terlalu lama digudang
  • Berkurangnya omset penjualan akibat tidak terjualnya barang yang rusak
  • Biaya bengkak karena barang rusak menjadi beban perusahaan
  • Sering barang hilang karena kurang kontrol atas persediaan. Dan masih banyak resiko lainnya yang menyebabkan kerugian perusahaan

Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjalankan manajemen persediaan sebagai kontrol atas persediaan stok di gudang.

Mengapa mengelola persediaan itu penting

Berikut alasan pentingnya manajemen persediaan dalam mengelola persediaan

Menurunkan resiko kerugian

Banyaknya barang yang tidak bergerak sehingga terlalu mengendap digudang tidak terjual menyebabkan barang jadi rusak, halini akan menjadi beban perusahaan sebagai kerugian. Kerugian karena tidak menghasilkan pendapatan dan malah menjadi beban perusahaan.

Dengan adanya kelola persediaan yang baik maka kelebihan stok persediaan bisa dihindari sejak dini, kontrol atas pembelian hasil dari analisa data penjualan dan stok saat ini merupakan dasar dalam mengelola persediaan.

Melayani pelanggan dengan baik

Jika kontrol atas persediaan kurang baik maka informasi update akan stok terabaikan maka akan berakibat banyak stok ang sudah habis, hal ini akan berakibat fatal bagi perusahaan karena ketidaktersediaan stok akan membuat pelanggan beralih pada toko lain.

Dengan kontrol stok yang baik akan bermanfaat pada ketersediaan barang yang dijual, dengan demikian pelanggan merasa apa yang dibutuhkan selalu ada. Hal ini merupakan salah satu nilai lebih atas pelayanan akan penenuhan kebutuhan pelanggan.

Waktu tepat untuk order ke supplier

Dengan kontrol yang baik atas persediaan melalui analisa data persediaan untuk ketersediaan stok di gudang, rata penjualan sehingga dengan ini dapat mengetahui kapan waktunya order ulang ke pihak supplier dan jumlah yang harus diorder. Dengan demikian tidak lagi terjadi adanya kelebihan stok digudang karena tidak terjual, dengan demikian biaya perusahaan lebih hemat.

Dan tentunya akan menjadi nilai plus oleh pihak supplier karena repeat order yang rutin dan tidak berlebihan sehingga akan menjadi prioritas atas repeat ordernya.

Informasi realtime atas persediaan

Dengan mengelola persediaan yang baik mulai dari barang datang, barang keluar, barang rusak atau hilang, stok saat ini digudang maka akan mendapatkan update data stok secara realtime. Salah satunya dengan cara stok opname persediaan untuk mendapatkan data update di bagian administrasi dengan stok fisik persediaan gudang.

Meminimalisir kecurangan

Dengan pengelolahan persediaan yang baik maka akan mencegah adanya niat jelek dari oknum karyawan karena persediaan selalu terkontrol dengan baik maka tidak akan memberikan kesempatan bagi tangan tangan jahil untuk memanfaatkan kelengahan atas kontrol persediaan.

Itulah gambaran atas artikel ini Hal Penting Dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Retail begitu pentingnya kelola persediaan dengan baik bagi keberlangsungan perusahaan. Dengan artikel ini diharapkan bagi pelaku bisnis untuk lebih memperhatikan lagi terutama untuk mengelola persediaan.

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang
  2. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  3. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi