Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Pengusaha Di Era New Normal

Hal - Hal Yang Perlu Diperhatikan Pengusaha Di Era New Normal
Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Pengusaha Di Era New Normal

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Pengusaha Di Era New Normal|“New normal” adalah matinya ketidaknormalan. Dewasa ini banyak dari kita hidup dalam standart yang tidak sepenuhnya kita butuhkan. Sebagai contoh kita membeli kopi starbuck seharga 50ribu, mengapa harga segelas kopi bisa begitu mahal ? Karena yang kita beli adalah simbolnya. Prestige, Luxury, Status. Dan apa yang kita dapatkan ? Kepuasan bahwa kita berada dalam standart luxury. Mengapa standart kehidupan seperti ini menjadi sangat penting bagi kebanyakan orang ? Karena ada yang namanya facebook, instagram, dan banyak media sosial lainnya.Setiap orang berlomba lomba menampilkan kehidupan yang “lebih” dari yang kita butuhkan sebenarnya.

Tiba – tiba datanglah pandemi Covid 19 yang secara total mengubah kehidupan. Banyak orang menjadi cemas dan khawatir, takut berkerumun, takut keluar rumah. Mall – mall menjadi sepi, cafe menjadi sepi. Ternyata…!!! kehidupan luxury tersebut menjadi tidak penting lagi pada saat – saat seperti ini.

Pandemi Covid 19 ini bagai tombol untuk memformat ulang kehidupan. Semua kembali ketitik awal. Apa yang kita perlukan, apa yang kita butuhkan, kita kembali ke kehidupan yang normal bukan kehidupan penuh Prestige dan Luxury seperti selama ini dijalani.

Seperti saya sampaikan diatas new normal adalah matinya ketidaknormalan. Artinya kita hanya melakukan apa yang benar – benar dibutuhkan saja, ini berati menjadi kondisi yang tidak menguntungkan bagi banyak pengusaha. Mall, cafe, pariwisata yang inti dari bisnisnya hanya “menjual symbol” akan menghadapi masalah besar.  Kumpul – kumpul di mall, di cafe ternama bukan lagi menjadi tujuan.

Kita tidak bisa lagi “menjual symbol” . Sudah waktunya kita mengubah plan bisnis kita jika mau tetap bertahan. Lebih memikirkan apa yang diperlukan dan dibutuhkan orang banyak pada saat – saat seperti ini. Sama seperti dinosaurus, meskipun dinosaurus besar dia punah karena tidak bisa beradaptasi dengan dunia dan keadaan. Sebagai pengusaha harus mampu beradaptasi dengan dunia dan keadaan.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengusaha di era new normal seperti saat ini:

1. Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Ditengah pandemi Covid 19  segala sesuatunya cepat berubah. Begitu juga trend dan daya beli masyarakat. Untuk itu kemampuan pengambilan keputusan yang cepat sangat diperlukan.

2. Memastikan masih memiliki dasar dan waktu sebelum usaha anda kehabisan uang tunai. Bagi perusahaan terkena dampak mungkin dapat berputar haluan untuk mencoba bisnis baru yang berbeda segmen dari sebelumnya. Untuk itu diperlukan kemampuan membaca peluang ditengah ketidak pastian.

3. Memahami perilaku dan daya beli masyarakat ditengah pandemi Covid 19. Menyesuaikan strategi dengan kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi kedepannya. Sebagai contoh peralihan pemakaian masker medis ke masker kain. Banyak penjual masker medis yang akhirnya merugi karena menimbun barang terlalu banyak.

4. Mengevaluasi produk atau jasa usaha anda merupakan hal yang penting untuk menjamin keberlanjutan usaha anda. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pasar, jika tidak perlu dilakukan penyesuaian dan perubahan.

5. Berjualan disaluran yang tepat. Akibat krisis dari pendemi Covid 19 perilaku berbelanja masyarakat berubah. Dari yang transaksi konvensional menjadi transaksi virtual, dengan berbagai macam teknologi. Peluang dari perubahan perilaku konsumen tersebut adalah fokus pada saluran penjualan secara online. Website, media sosial dan e-commerce adalah saluran yang tepat untuk meminimalisir biaya.

Pandemi Covid 19 menyebabkan krisis diberbagai kalangan. Tidak hanya kalangan menengah kebawah saja namun kalangan atas juga merasakan dampaknya. Satu – satunya jalan untuk tetap bertahan adalah tetap bergerak. Sama seperti orang yang sedang mengayuh sepeda, ia akan terjatuh apabila berhenti mengayuh. Mampu dan mau menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan keadaan membantu kita untuk tetap bertahan ditengah krisis.

Baca Artikel Menarik Lainnya :