Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Notaris

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Notaris — Indonesia adalah negara hukum dan segala urusan yang berkaitan dengan hukum harus benar-benar diselesaikan dengan cermat dan benar. Salah satu pihak yang turut berperan penting dalam hal ini adalah notaris. Untuk memberikan layanan kepada masyarakat, notaris akan mendapatkan sejumlah uang sebagai biaya atas jasa yang diberikan. Ada notaris dengan jasa pelayanan yang mahal, namun ada pula jasa notaris murah dan bagus. Tugas notaris adalah mengatur hubungan-hubungan kebendaan di antara para anggota keluarga. Hal ini penting karena hubungan kebendaan tidak bisa dipisahkan dari hubungan darah di kalangan keluarga. Beberapa contohnya antara lain adalah hubungan dalam pembuatan akta wasiat, akta perjanjian kawin, serta hubungan-hubungan pribadi yang bersifat kekeluargaan. Maka dari itu, diperlukan notaris yang berkompeten untuk mengurus semua hal tersebut. Supaya segala urusan tersebut tetap lancar, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Notaris

Mencari Jasa Notaris Murah Dan Jujur

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Notaris

Sikap seorang notaris dalam menjalankan tugasnya merupakan hal yang sangat penting. Sebagai pejabat umum, notaris berhak menjalankan sebagian kekuasaan dari penguasa yang lebih tinggi. Salah satu sifat atau karakter yang perlu dimiliki oleh seorang notaris adalah jujur. Bukan hanya jujur kepada klien yang ditangani, tetapi juga pada diri sendiri. Jujur berarti tidak menyampaikan sesuatu yang berada di luar batas kemampuannya hanya untuk menyenangkan klien. Alasan ketidakjujuran lain adalah supaya jasanya tetap digunakan. Untuk mencari tahu apakah notaris tersebut bersikap jujur atau tidak, carilah rekam jejak notaris atau simpulkan berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah menggunakan jasa dari notaris tersebut.

Baca juga : Bisnis Yang Berkembang Pesat Di Era New Normal

Memberikan Pelayanan Dengan Maksimal

pelayanan yang maksimum

Dengan sifat pekerjaan yang menawarkan jasa, notaris harus tetap memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada klien. Ini merupakan landasan hubungan yang ideal di antara notaris dan klien. Biaya yang dipatok tidak boleh menjadi alasan bagi seorang notaris untuk mengurangi pelayanan yang disediakannya. Notaris juga tidak boleh mengesampingkan kode etik profesi yang dimiliki. Bukan saja untuk menjunjung profesinya, tetapi juga karena sifat pekerjaan seorang notaris sangat berhubungan erat dengan legalisasi hukum. Ada 2 etika utama yang harus dimiliki oleh seorang notaris yaitu memiliki sikap yang bertanggung jawab dan tidak melanggar hak-hak orang lain. Maka dari itu penting bagi seorang notaris memberikan pelayanan yang maksimal demi memperoleh kepercayaan dari kliennya.

Baca juga : Tips Membuka Cabang Usaha

Tidak Memberikan Biaya Tambahan Di Luar Kesepakatan

biaya tambahan

Untuk memberikan layanan atas jasanya, notaris akan mendapatkan bayaran sesuai ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa biaya yang harus dikeluarkan di awal. Jangan sampai, ada biaya tambahan yang baru diketahui setelah seluruh urusan diselesaikan. Supaya tidak salah perhitungan, selain mengandalkan rekomendasi dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa atas notaris tersebut, anda juga dapat menyelidiki secara langsung notaris yang bersangkutan. Misalnya anda bisa mengunjungi lokasi tempat notaris tersebut berkantor. Dengan melakukan hal ini dapat diketahui apakah notaris tersebut bisa diajak bekerjasama atau tidak.

Baca juga : Tips Pengusaha Dalam Memulai Bisnisnya

Memiliki Legalitas Secara Hukum

legalitas hukum

Notaris harus memiliki surat pengangkatan dari Menteri Hukum dan selanjutnya legalitas notaris akan ditegaskan apabila ia selalu berpegang teguh pada kode etik profesi yang telah ditetapkan. Notaris juga akan mendapatkan pengawasan dan pembinaan dalam menjalankan jabatan tersebut supaya tidak menyalahgunakan fungsinya untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan profesinya. Apabila notaris dinyatakan melakukan tindakan pidana karena profesinya, maka notaris bisa dikenakan tuntutan pidana.

Baca juga : 3 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Notaris — Jadi, itulah tadi beberapa hal penting yang patut diperhatikan saat mencari jasa notaris. Jika anda tertarik dengan artikel yang kami buat, anda bisa mengunjungi website kami untuk menemukan berbagai inspirasi untuk usaha anda disini.