Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Fungsi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Bisnis Anda

Fungsi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Bisnis Anda | Dalam kegiatan bisnis pastinya anda pernah mendapati Saldo Rekening berdasarkan pencatatan Perusahaan yang anda lakukan berbeda dengan Rekening Bank. Perbedaan tersebut bisa disebabkan oleh adanya beda pengakuan antara pihak perusahaan dengan pihak perbankan. jika anda sering mendapati kejadian diatas diatas Maka , proses rekonsiliasi Keuangan merupakan hal yang harus dilakukan secara berkala oleh perusahaan.

Sebelum Membahas Fungsi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan atau bisa disebut dengan Rekonsiliasi bank untuk Bisnis anda, kita wajib mengetahui dulu apa itu Rekonsiliasi Keuangan / Bank

Pengertian Rekonsiliasi Keuangan / Bank

Rekonsiliasi keuangan / Bank Merupakan aktivitas Kegiatan merinci transaksi yang mendapati adanya perbedaan pada catatan kas milik bank dengan perusahaan. Catatan transaksi dari bank yang berperan sebagai penyelenggara transaksi akan dibandingkan dengan catatan transaksi milik sebuah perusahaan. Catatan transaksi yang dibandingkan tersebut dapat berupa bank statement atau yang biasa disebut sebagai rekening koran.

Faktor Terjadinya perbedaan Rekonsiliasi Keuangan / Bank

Faktor terjadinya rekonsiliasi Keuangan / bank bisa terjadi, berikut elemen elemen yang terjadi dilakukannya rekonsiliasi Keuangan :

  • Cek yang Belum Di cairkan / Cek Beredar

seringkali kasus terjadi Perusahaan telah memberikan cek kepada pihak lain / client bisnis untuk melakukan pembayaran transaksi tertentu namun belum dicairkan oleh pihak tersebut. akan tetapi internal perusahaan sudah mencatat pengeluaran kas keluar,sedangkan pihak bank belum melakukan pencatatan dikarenakan belum dicairkan cek tersebut

  • Terjadi Pencatatan Transaksi di bank dan Belum dicatat Internal Perusahaan

Seringkali Kasus Terjadi dimana Bank sudah melakukan pencatatan transaksi Berupa biaya dan pendapatan yang diperoleh oleh bank dalam hal ini misalnya Biaya Administrasi bank dan Pendapatan Jasa giro yang sudah di bebankan ke perusahaan, dan perusahaan belum melakukan pencatatan karena belum menerima rekening koran, karena rekening koran diterima di akhir bulan.Maka penyelesaiannya anda hanya perlu menambahkan transaksi atas biaya dan pendapatan tsb. 

  • Kesalahan Pencatatan

dalam Kasus Kesalahan Pencatatan hal ini bisa terjadi disebakan oleh perusahaan ada kesalahan dalam pencatatan perusahaan ( Human Error) misalnya adalah pada pengeluaran uang transaksi cek ditulis sebesar Rp 1.000.000 tapi pada pembukuan dicatat penggantian sebesar Rp 1.900.000. Hal ini perlu di verifikasi oleh perusahaan dan bank untuk diketahui penyebab kesalahan pencatatan dan agar segera direvisi.

  • Setoran Dalam Perjalanan

kasus diatas dapat terjadi dimana perusahaan sudah mencatat transaksi setoran dana dan disetorkan ke bank di akhir bulan tetapi belum dikliring oleh bank karena bank sudah melakukan tutup buku.

Fungsi Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Untuk Bisnis Anda

  • Sebagai Kontrol Keuangan

rekonsiliasi keuangan dapat digunakan sebagai alat kontrol internal terhadap Manajemen kas untuk mengetahui apakah penggunaan dana sudah optimal.

  • Sebagai alat untuk mendeteksi kecurangan

dalam hal ini fungsi rekonsiliasi menjadi alat untuk mendeteksi kecurangan. kecurangan bisa berupa transaksi fiktif, pencatatan yang tidak sesuai serta bentuk kecurangan lainnya di luar kepentingan perusahaan.

  • Sebagai media verifikasi informasi

dalam hal ini fungsi rekonsilasi menjadi verifikasi informasi klien atas pembayaran produk yang dipesan maupun piutang usaha

  • Verifikasi ketelitian pencatatan

sebagai media verifikasi ketelitian staf perusahaan dalam menjurnal transaksi dan ketelitian pencatatan dalam rekening kas dan bank yang belum tercatat oleh perusahaan

Baca Juga :