Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Fungsi dan Tujuan Software ERP

Fungsi dan Tujuan Software ERP
Fungsi dan Tujuan Software ERP

Fungsi dan Tujuan Software ERP |ERP ( Enterprise Resource Planning ) adalah seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah siklus bisnis. ERP dulu lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Namun sekarang juga telah populer di kalangan UKM. Dalam artikel ini saya akan membahas Fungsi dan Tujuan Software ERP untuk bisnis anda.

Sebelum saya membahas fungsi dan tujuan software ERP, anda perlu mengetahui sejarah ERP. ERP diciptakan pada tahun 1990 oleh Gartner Group. Dan memiliki konsep yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960. Pada saat itu, konsep ini hanya diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Pengembang software membuat program untuk memantau inventaris, merekonsiliasi saldo, dan melaporkan status. Pada tahun 1970, program ini  berevolusi menjadi Material Requirements Planning (MRP) untuk penjadwalan proses produksi. Pada 1980, MRP dikembangkan untuk mencakup lebih banyak proses manufaktur, sehingga mengubah namanya menjadi MRP-II atau Material Resource Planning. Pada tahun 1990, sistem ini telah memiliki lebih banyak fungsi di luar manajemen inventaris dan proses operasional lainnya ke fungsi – fungsi back-office lain seperti keuangan, permesinan, manajemen proyek, dan SDM. Pada tahun inilah istilah ERP mulai digunakan.

Fungsi Software ERP adalah :

  1. Meningkatkan Sistem Integrasi : Maksudnya adalah membantu antar departemen bisa saling terhubung tanpa mengurangi fungsinya. Dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, satu perusahaan dapat mengakses data dari departemen yang lain ( saling terhubung )
  2. Keamanan Data : Keamanan sistem software ERP ini cukup aman karena tersimpan di server. Yang dimana segala aktifitas seluruh departemen dapat diketahui oleh team keamanan database.
  3. Perawatan Sistem Software ERP : Selain itu software ERP ini dapat melakukan perawatan, sangat perlu diperhatikan untuk mencapai kestabilan dan juga dapat menghindari kebocoran dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab
  4. Meringankan Biaya : Kenapa bisa menjadi meringankan biaya, dengan menggunakan software ERP semua sistem yanf dibuat dapat meminimkan SDM. Karena 1 orang dapat mengerjakan beberapa jobdesk.
  5. Mudah Dalam Pengambilan Keputusan : Menawarkan sistem terintegrasi dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Tujuan Software ERP adalah :

  1. Menggabungkan bisnis organisasi secara lengkap dan menyeluruh dan menjadikan perangkat lunak.
  2. Mengurangi bisnis proses manual dan berulang sehingga dapat menghabiskan banyak waktu dalam berkerja.
  3. Mengurangi pencatatan data berulang.
  4. Membantu meningkatkan omset perusahaan dan dapat membantu mengelola persediaan barang dagang.

Kesimpulannya anda sudah membaca artikel yang saya tulis, dengan perjalan ERP yang sudah cukup dikenal oleh kalangan pengusaha. ERP lebih terkenal dapat menjadi solusi untuk segala masalah yang terjadi dalam perusahaan. Mungkin ada beberapa modul modul didalam ERP yang tidak banyak diketahui oleh para pengusaha. Modulnya sebagai berikut :

  • Accounting : Accounting ini dapat membantu dalam hal pelaporan keuangan, yang sudah disupport dengan adanya transaksi penjualan, pembelian, biaya, pendapatan dll. Sehingga dapat menyajikan neraca dan laba rugi.
  • CRM ( Customer Relationship Management ) : CRM ini dapat meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, misalkan seperti layanan pelanggan, melihat sejarah pelanggan dan beberapa yang ada hubungan dengan pelanggan.
  • HRM ( Human Resource Management ) : HRM ini dapat membantu mengelola informasi karyawan seperti penilaian kinerja, deskripsi pekerjaan, keterampilan, kehadiran, cuti, dll.

Untuk artikel selanjutnya saya akan membahas Accounting Software yang dapat membantu ERP semakin sempurna.

Baca Artikel Lainnya :