Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Fungsi dan Kegunaan SOP untuk Bisnis Anda

Fungsi dan Kegunaan SOP untuk Bisnis Anda — Apa jadinya jika tidak ada hukum atau peraturan di dunia ini? Pasti dunia akan sangat kacau karena umat manusia tidak memiliki tujuan dan arah yang jelas serta berbuat dengan sesuka hati mereka sendiri. Dunia tanpa hukum menjadikan manusia tidak terkontrol dan itu sangat membahayakan alam yang menghidupinya. Sama halnya dengan perusahaan, perusahaan tanpa adanya SOP atau standar operasional prosedur akan membuat karyawan tidak memiliki kepastian tentang apa yang seharusnya mereka kerjakan atau perbuat di perusahaannya.

Fungsi dan Kegunaan SOP untuk Bisnis Anda

Sebenarnya, SOP memiliki fungsi sebagai pedoman kerja, informasi dan pengontrol karyawan dalam hal kedisplinan. Di dalam SOP terdapat peraturan dan kegiatan apa saja yang karyawan kita perlu lakukan terkait pekerjaannya. SOP bisa dianggap sebagai peraturan yang harus dipatuhi oleh semua tingkatan pekerja baik dari pekerja serabutan hingga kepada pemilik perusahaan agar bisa mencapai hasil yang maksimal untuk perusahaan.

Adapun kegunaan dari dibentuknya SOP adalah agar dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan para pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Dengan kata lain, dengan adanya SOP, kinerja karyawan bisa meningkat karena mereka mengetahui dengan jelas apa yang perlu mereka kerjakan. Selain itu, SOP dirancang agar karyawan lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaannya dan juga mengetahui alur kerjanya atau job desknya masing-masing.

Mengingat SOP sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, maka perlu adanya prinsip untuk bisa membuat SOP yang bisa dipatuhi dan dijalankan oleh semua karyawan. Anda bisa membuat SOP dengan jelas dan mudah agar cepat dipahami oleh semua karyawan anda. Dinamis, terukur dan terbuka. Ketiga sifat diatas juga perlu diperhatikan ketika anda ingin membuat SOP untuk perusahaan. Dinamis artinya bisa menyesuaikan diri dengan situasi di sekitarnya. Terukur berarti ada target yang harus dicapai agar SOP bisa dikatakan berhasil. Sedangkan terbuka karena semua peraturan harus jelas dan berkekuatan hukum yang penuh agar jika ada pelanggaran, maka mereka akan ditindak berdasarkan hukum yang ada.

Fungsi dan Kegunaan SOP untuk Bisnis Anda — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.