Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Fitur Manajemen Piutang Usaha Distributor di Accurate Software | Accurate Hub. Eka 082232747689

Fitur Manajemen Piutang Usaha Distribusi | Seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai Pentingnya Manajemen piutang beserta tips mengelolahnya. Kini Saya akan membahas tentang Bagaimana Mengelolah Manajemen Piutang di perusahaan distribusi dengan Accurate Software. Seperti kita tau, perusahaan Distribusi merupakan Perusahaan yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. 

Perusahaan Distribusi di Indonesia banyak sekali macamnya, mulai dari distribusi Makanan, Peralatan rumah tangga, Perlengkapan IT, farmasi dan masih banyak lagi. Untuk membuat perusahaan distribusi tetap eksis dan bertahan ditengah ketat nya persaingan maka perlu mengambil langkah salah satunya adalah mengelolah piutang usaha dengan baik. Mengapa ? Jika piutang usaha dapat terkontrol secara tepat maka arus kas pada perusahaan kita juga lancar. itulah salah satu yang membuat perusahaan dapat terus beroperasi untuk kegiatan distribusi di masa selanjutnya.  

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana Accurate Software dapat membantu anda mengelolah Piutang usaha, Yuk simak keunggulan software accurate !

accurate

Keunggulan accurate software

Mengukur Kemampuan dan kredibilitas Customer

Sebelum anda memberikan piutang pada customer, pastikan anda mengetahui dengan jelas siapa customer anda, Bagaimana track record nya, apakah sudah sering melakukan pembelian pada produk anda, seberapa banyak Jumlah pembelian dan bagaimana kelancaran pembayaran atas produk anda selama ini. Melakukan Survey terhadap pelanggan baru dapat anda pertimbangkan. Hal lain seperti menggolongkan customer dapat anda lakukan di Program Accurate.

Tipe Pelanggan

Apakah harus membedakan piutang untuk pelanggan baru dan lama ? Hal itu tergantung pada kebijakan masing- masing perusahaan anda. Mungkin sebagai langkah awal, anda perlu memetakan pelanggan anda menurut beberapa tipe. Khususnya pelanggan yang sering membeli dalam jumlah grosir misalnya, atau customer yang membeli secara retail, dan lain sebagainya. Cutomer baru dan customer lama juga bisa anda bedakan, Tentunya anda akan lebih mudah untuk memberi piutang pada pelanggan tetap anda yang sudah terbukti melakukan pembayaran dengan lancar bukan ? Untuk itu anda sebaiknya dapat mengelompokan dahulu beberapa pelanggan anda dengan Fitur Tipe pelanggan di Accurate

Pencatatan pelanggan berdasarkan tipe, memungkinkan Anda melihat laporan penjualan per tipe pelanggan dan analisa penjualan per tipe pelanggan. Hal ini mungkin berguna untuk melihat secara keseluruhan intensitas Penjualan pada golongan pelanggan tertentu.

Menentukan Termin dan Batasan Piutang Pelanggan

Menentukan Termin

Merupakan daftar kondisi atau syarat-syarat pembayaran secara tunai atau kredit. ACCURATE menggunakan format term X/Y n/Z dan C.O.D (Cash On Delivery). X merupakan persen diskon yang diberikan kepada pembayar jika pembayaran dilakukan pada periode diskon, Y merupakan periode diskon, dan Z merupakan periode jatuh tempo (due date).

Mengatur Batasan Piutang

Setelah anda menentukan termin pelanggan, anda juga dapat mengatur batasan piutang yang diberikan. Batasan Piutang berguna agar Jumlah piutang tidak melebihi ambang batas yang dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan perusahaan anda. Anda dapat mengatur Batasan Piutang di daftar pelanggan anda. Dengan mengisi batasan piutang Accurate akan otomatis memberi warning jika piutang melebihi yang ditentukan.

Fitur Pengingat untuk melakukan penagihan

Jangan sampai terlewat untuk melakukan penagihan piutang customer. Accurate menyediakan Fitur Reminder untuk dapat menampilkan informasi di halaman awal saat pertama anda membuka Accurate. Informasi yang terdapat pada fitur Reminder bermacam- macam, namun salah stunya adalah informasi Hutang piutang yang akan jatuh tempo. Jadi anda dalat melakukan penagihan terhadap piutang Anda sebelum jatuh tempo. Berikut tampilan Reminder di halaman awal accurate.

reminder piutang

Anda juga dapat mengatur apa saja informasi yang perlu ditampilakan pada halaman pengingat dan setting untuk xx hari sebelum jatuh tempo.

Pengecekan Piutang dengan Laporan keuangan lengkap

ACCURATE memiliki lebih dari 100 format laporan siap pakai yang langsung terintegrasi dengan fitur Accurate lainnya. Ini tentunya akan memudahkan anda untuk melakukan analisa terhadap penjualan dan piutang bisnis anda. Laporan keuangan utama seperti Arus kas, Laba rugi, Neraca dan Equity tentunya juga tersdia. Selain itu Beberapa Laporan lain juga dapat menampilan Penjualan per customer beserta ringkasan dan rinciannya. Anda juga dapat melihat laporan pelanggan dan piutangnya seperti daftar Invoice yang belum lunas, ringkasan dan rincian Umur Piutang, Histori piutang dan masih banyak lagi. Dari sini akan memudahkan anda melakukan pengecekkan piutang, Efektifitas termin, dan Kemungkinan bisnis akan terus berjalan atau tidak.

Fitur Manajemen Piutang Usaha Distribusi

bagaimana ?

anda tertarik menggunakan accurate ?

ATAU ANDA INGIN MENGETAHUI INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG ACCURATE SOFTWARE ?