Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit
Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit |Semua bisnis akan mengahadapi ancaman pailit dalam mengelola bisnisnya. Hal ini berlaku pada perusahaan yang baru didirikan dan perusahaan yang sudah lama berdiri. Setiap bisnis berpontensi mengalami kepailitan, walaupun presentasenya 0,01% saja. Keadaan pailit akan menjadi hal yang sangat menakutkan bagi perusahaan Anda, karena perusahaan berada pada posisi terancam atau lebih parahnya lagi bisa saja musnah. Tapi tahukah Anda pengertian pailit itu sendiri? Syarat perusahaan dinyatakan pailit? Penyebab pailit? Berikut penjelasannya.

Pailit adalah keadaan atau suatu kondisi dimana seseorang oleh suatu pengadilan dinyatakan bangkrut yang aktivanya / warisannya telah diperuntukkan untuk membayar hutang. Menurut UU Kepailitan diartikan sebagai sita umum atas kekayaan debitur pailit yang kepengurusanya dan pemebresannya dilakukan oleh kurator dibawah pengawasan hakim pengawas sebagaimana yang telah diatur dalam Undang – Undang.

Syarat Perusahaan Dinyatakan Pailit

Perusahaan dinyatakan pailit jika suatu perusahaan tersebut telah memenuhi syarat syarat yuridis kepailitan. Syarat – syarat itu tertuang di dalam Pasal 2 Undang – Undang Kepailitan “yang meliputi adanya debitur yang mempunyai dua tau lebih kreditur yang tidak membayar sedikitnya satu hutang secara lunas yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih, dinyatakan pailit dengan putusan pengadilan”. Kreditur dalam poin ini adalah konkuren, kreditur separatis atau preferen. Menurut Undang – Undang Kepailitan, permohonan pailit dapat diajukan debitur, satu atau lebih kreditur, jaksa, BI, perusahaan efek, atau asuransi.

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Penyebab Perusahaan Pailit

  1. Ketidakmampuan perusahaan menangkap kebutuhan konsumen yang mengakibatkan perusahaan tidak bisa memberikan layanan atau produk yang dipasarkan.
  2. Mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap kebangkrutan, takut rugi, tidak dapat melayani konsumen, ketidakmampuan mengatasi permasalahan dll.
  3. Terlalu berfokus pada produk sehingga melalaikan kebutuhan pasar.
  4. Harga yang terlalu mahal.
  5. Berhenti berinovasi dalam mengembangkan bisnis.
  6. Tidak mengamati pergerakan kompetitor yang menyebabkan perusahaan Anda kalah dalam persaingan serta tertinggal jauh.
  7. Terlilit hutang, ekspansi yang terlalu berlebihan, penipuan yang dilakukan oleh CEO, manajemen perusahaan yang buruk, pengeluaran yang tidak terkendali, dll.

Agar perusahaan Anda tidak terjatuh dalam kepailitan, sebaiknya perlu memperhatikan penyebab perusahaan pailit yang telah disebutkan diatas. Siapkan strategi dan upaya yang terbaik agar terhindar dari kepailitan, gunakan bantuan software akuntansi ACCURATE 5 untuk mengelola keuangan di perusahaan Anda. ACCURATE 5 dilengkapi berbagai fitur terbaik dan telah dipercaya oleh ribuan perusahaan berskala kecil hingga besar di Indonesia. ACCURATE 5 juga telah 5x meraih penghargaan TOP BRAND AWARD sebagai software akuntansi terbaik.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga