Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Faktor Penting Memilih Program Pembukuan Perusahaan Pabrikasi

Faktor Penting Memilih Program Pembukuan Perusahaan Pabrikasi. Hub: Firdaus 081703354372

Faktor Penting Memilih Program Pembukuan Perusahaan Pabrikasi

Dengan sebuah sistem dalam menjalankan bisnis sangatlah dibutuhkan, dimana sistem tersebut adalah program pembukuan untuk menjalankan proses sebuah perusahaan mulai dari input transaksi hingga menghasilkan laporan laporan keuangan yang realtime.

Namun dalam memilih sebuah sistem program pembukuan perusahaan tentunya tidak asal memilih program karena murah harga terjangkau akan tetapi setelah diimplementasikan diperusahaan banyak tidak cocoknya atau bermaslah atau bahkan murah karena yang dibeli program bajakan yang tidak asli.

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara memilih program pembukuan yang tepat khususnya untuk perusahaan yang bergerak di bidang usaha pabrikasi.

Berikut yang harus diperhatikan dalam memilih program pembukuan perusahaan pabrikasi adalah :

Program Pembukuan Resmi

Pertama yang perlu diperhatikan adalah programnya asli. Resmi disini adalah bahwasannya program tersebut benar benar asli didevelope oleh perusahaan pembuat program, selain itu juga jelas keberadaan kantor nya, support maintenance nya dan kantor marketingnya.

Sesuaikan dengan alur perusahaan

Pastikan dalam memilih program harus disesuaikan dengan perusahaan mulai dari pencatatan awal, produksi dan distribusinya sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan hingga menghasilkan laporan laporan keuangan sesuai yang diharapkan oleh perusahaa.

Proses produksi

Yang penting bagi perusahaan produksi dalam memilih program adalah kenali metode produksi yang diterapkan diperusahaan dan sesuaikan apakah program yang dipilih sudah memenuhi proses produksinya, terutama dalam proses perhitungan hpp barang jadinya.

Mudol sudah lengkap

Pastikan program yang menjadi pilihan memiliki modul yang sudah lengkap, dimana semua modul didalamnya sudah saling terintegrasi secara otomatis dan autoposting jurnal, sehingga secara realtime update saat itu juga sudah bisa menghasilkan laporan laporan keuang dan laporan proses produksinya.

Karena bisnis bergerak dibidang produksi maka yang harus menjadi patokan dalam memilih program akuntansi adalah berkaitan dengan proses produksinya. Dimana proses produksi ada 2 merode yaitu :

  1. Actual costing. Metode produksi dimana nilai hpp barang jadi mengacu pada nilai aktual dari bahan baku dan biaya yang dipakai dalam proses produksi.
  2. Standart costing. Metode produksi dimana nilai hpp barang jadinya adalah menentukan nilai standart dari barang bahan baku dan nilai standart dari biaya.

Itulah gambaran sekilas mengenai Faktor Penting Memilih Program Pembukuan Perusahaan Pabrikasi, dengan informasi artikel ini diharapkan bisa menjadi masukan dalam menentukan program pembukuan yang baik untuk bisnis yang bergerak dibidang produksi.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi