Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

ERP DAN FUNGSINYA BAGI PERUSAHAAN

ERP DAN FUNGSINYA BAGI PERUSAHAAN — Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai ERP, apa sih yang dimaksud dengan ERP itu? ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah konsep perencanaan untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dalam perusahaan. ERP sendiri lebih menekankan pada aspek perencanaan dan analisis sumber daya perusahaan seperti finansial, akuntansi, sumber daya manusia, rantai suplai, dan lain sebagainya. Singkatnya, ERP merupakan sebuah kesatuan yang terintegrasi dan terhubung antara satu fitur dengan fitur lainnya. ERP sendiri berbeda dengan software akuntansi. Software akuntansi lebih pada mengatur pembukuan perusahaan sedangkan ERP salah satu fiturnya adalah sistem akuntansi itu sendiri.

ERP DAN FUNGSINYA BAGI PERUSAHAAN

ERP yang merupakan suatu sistem yang terintegrasi memiliki tujuan untuk merangkum proses suatu bisnis atau usaha. Ada beberapa karakteristik yang terdapat pada ERP yaitu sistem yang terintegrasi antara satu fitur dengan fitur yang lain, memproses seluruh transaksi yang ada pada perusahaan, dan proses transaksi yang real time. ERP sendiri dijadikan sebuah software yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam perencanaan bisnisnya. Dengan menggunakan software ERP, maka para pemilik usaha bisa mengaplikasikan proses bisnisnya pada software tersebut. Keuntungan dari menggunakan software ERP seperti meningkatkan koordinasi antar divisi atau departemen, bisa mengoptimalkan biaya yang terjadi di perusahaan itu ( pencatatan dan pemrosesan secara real time membantu baik secara waktu maupun tenaga ), dan yang terakhir bisa merancang suatu perencanaan bisnis dengan baik ( alur yang ada dan laporan yang tepat dan akurat membuat anda dengan mudah merancang suatu perencanaan untuk perusahaan ).

Namun ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli software ERP yaitu apakah sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis anda atau tidak, biaya yang tidak murah ( karena software ERP saling terintegrasi dan biasanya produsen software ERP menjual produk secara keseluruhan dan bukan berdasarkan kebutuhan customer ), proses implementasi yang lama ( karena banyak fitur di dalam ERP, belum lagi jika anda yang baru mengenal program ERP maka anda perlu waktu yang lebih lama untuk bisa mengusasi software ERP ). Pertimbangan-pertimbangan di atas wajib anda perhatikan jika anda serius untuk membeli software ERP.

ERP DAN FUNGSINYA BAGI PERUSAHAAN — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.