Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

COST CENTER FITUR UNGGULAN ACCURATE SOFTWARE

COST CENTER FITUR UNGGULAN ACCURATE SOFTWARE

COST CENTER FITUR UNGGULAN ACCURATE SOFTWARE | Cost Center adalah istilah dalam akuntansi yang bisa disamakan pengertiannya sebagai Departement cabang, unit usaha, departemen atau juga proyek. Cost center lebih banyak menitikberatkan pada pengelompokan biaya dan pendapatan, misalnya total pendapatan dan biaya Cost center.

contoh dalam pengelompokkan biaya :

  • Biaya operasional untuk Cost Center Marketing
  • Biaya operasional untuk Cost Center Produksi
  • Biaya operasional untuk masing masing proyek

Accurate Software memiliki fitur unggulan yaitu Cost Center yang dimana Anda dapat melakukan pencatatan pembukuan dengan pengelompokan / memisahkan biaya, Harga pokok penjualan dan pendapatan berdasarkan Cost-Center, termasuk juga laporan buku besar per Cost Center maupun laporan Rugi Laba per Cost Center. Penggunaan konsep Cost Center dalam akuntansi hanya bertujuan agar daftar nomor perkiraan (Chart Of Account) yang ada dalam sistem tidak menjadi terlalu panjang.

Cost center atau biaya tepusat ini biasanya dijalankan oleh perusahaan yang memiliki beberapa cabang, dimana kantor pusat sebagai kontrol semua biaya dan cabang lebih kearah pendapatan dan biaya biaya. 

Atau bisa juga bagi perusahaan yang memiliki beberapa produk tertentu yang memiliki divisi sendiri atas produk tersebut antara lain ada marketing divisi, pendapatan perdivisi dan biaya divisi. Dengan demikian bisa diterapkan dengan biaya terpusat.

MANFAAT MENGGUNAKAN COST CENTER DALAM LAPORAN KEUANGAN

  • Dapat melihat Laba Rugi secara bersih untuk 2 unit bisnis yang berbeda. dalam hal ini apabila dalam 1 laporan keuangan kegiatan bisnis nya terdiri dari penjualan kendaraan mobil dan terdapat penjualan motor ) misalkan divisi penjualan kendaraan mobil dan divisi penjualan motor
  • menyerdehanakan Chart of Account ( Kode Akun perkiraan) Lebih Simple Dan Mudah
  • kantor pusat dapat mengcontrol pendapatan dan biaya-biaya masing masing cabang
  • Dapat menjabarkan biaya pengeluaran perusahaan secara informatif, jelas, dan terperinci
  • Perusahaan dapat menggunakan dana secara  efisien dengan pemetaan keuangan yang jelas

Accurate Software ver. 5 Deluxe Edition Memiliki fitur Unggulan Cost Center

Accurate Software ver. 5 Deluxe Edition memiliki fitur dan modul yang sama dengan Accurate Accounting Software ver. 5 Standart Edition yaitu memiliki 6 modul utama yang terdapat di Accurate Accounting Software ver. 5 Standart Edition namun memiliki fitur tambahan Cost Center.  Fitur cost center di Accurate Accounting Software ver. 5 Deluxe Edition berupa informasi tambahan di setiap transaksi yang berhubungan dengan pendapatan dan biaya, sehingga Accurate dapat langsung membuat laporan laba rugi bersih untuk setiap transaksi cost center yang diinput.

Informasi Fitur-fitur Accurate Software silahkan klik link disini

Berikut Ilustrasi Penerapan Fitur Unggulan Cost Center di Accurate Software Ver 5 Deluxe

Mengaktifkan fitur Cost Center

  • Mengaktifkan tools biaya & Laba terpusat dan multi departemen. Persiapan -> fitur 
  • Membuat masing masing departemen / divisi penjualan kendaraan mobil dan divisi penjualan motor

Membuat Transaksi Per departemen /divisi.  Transaksi yang dimaksud disini adalah semua kegiatan baik itu transaksi biaya maupun transaksi penjualan, dimana setiap transaksi yang dilakukan harus mengalokasikan atas departemen mana.


Dari semua transaksi yang sudah dibuat dan setiap transaksi sudah dialokasikan ke departemen nya secara otomatis laporan keuangan sudah langsung bisa disajikan tanpa proses posting akhir bulan. 

Berikut Contoh Laporan Cost Center di Accurate Software

   Jika anda membutuhkan informasi lebih detail tentang Accurate Software

This image has an empty alt attribute; its file name is WA-1.jpg

  HUBUNGI SAYA