Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cash Flow VS Profit, Manakah yang Lebih Penting ?

Cash Flow VS Profit, Manakah yang Lebih Penting ?

Cash Flow VS Profit? Pertanyaan ini tentunya kerap muncul di kalangan pengusaha, baik Owner, Distributor, Agen, Reseller, ataupun Dropshipper. Ya apapun jenis usaha Anda, penyedia produk, jasa maupun retailer tentunya penasaran, sebenarnya mana yang lebih penting untuk usaha Anda? Cash Flow atau Profit? Sebuah permasalahan klasik dalam salah satu bidang ilmu akuntansi bisnis modern yang seringkali diperdebatkan, banyak yang beranggapan bahwa profit adalah hal terpenting dalam perusahaan namun tak sedikit juga yang berpikir bahwa cash flow adalah hal yang paling penting tersebut. Tapi sebelum kita terjebak ke dalam 2 paradigma parsial tersebut mari kita pahami terlebih dahulu pengertian Profit dan Cash flow beserta fungsinya dalam aplikasi kegiatan usaha/bisnis.

Cash Flow atau arus kas merupakan sebuah laporan keuangan yang menunjukkan informasi rinci yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan pada periode tertentu, baik itu transaksi Penerimaan atau Pengeluaran. Informasi tersebut disusun secara sistematis berdasarkan waktu dan tanggal terjadinya transaksi.  

Secara umum Profit atau laba merupakan keuntungan bersih yang didapat oleh suatu perusaan dalam kegiatan bisnisnya. Dalam Akuntansi Laba dapat diketahui dalam laporan Laba Rugi dengan membandingkan antara Pendapatan dan Biaya. 

Jadi dari kedua hal tersebut manakah yang lebih penting? Mungkin saat ini Anda mulai ragu untuk menentukan salah satu yang lebih penting diantara cash flow atau profit, karena kedua hal tersebut memanglah sama pentingnya dalam menilai bisnis, tak ada yang bisa dikatakan yang satu lebih baik dari yang lainnya, karena pada dasarnya kedua laporan itu dibutuhkan dalam melihat stabilitas keungan dan perkembangan bisnis. Jadi bisa saja suatu usaha atau bisnis memiliki profit yang tinggi, namun jika profit tersebut lebih banyak dalam piutang apalagi piutang yang macet maka hal ini bisa menjadi masalah, karena tetap dibutuhkan dana tunai/cash untuk menjalankan kegiatan operasional, hal ini tentu menjadi suatu permasalahan yang serius bagi bisnis Anda.

Namun bisa juga Anda mempunyai nilai cash flow yang sangat baik (surplus/positif) tanpa memperhatikan dari unsur mana nilai pemasukan kas tersebut. Namun pertanyaannya bagaimana jika sebagian besar kas masuk tersebut bukan berasal dari unsur pendapatan tapi justru dari hal lain seperti penerimaan pembayaran piutang customer, pelunasan hutang dari karyawan maupun tambahan dari penyertaan modal. Jadi dalam kasus seperti ini bisa saja nilai cash flow Anda positif tapi pada dasarnya Anda mengalami kerugian karena pemasukan dari unsur pendapatan sangat minim sedangkan biaya operasional dan non operasional tetap.

Namun jika Anda tetap diajukan pada pilihan: cash flow vs profit, manakah yang lebih penting? Maka jawabannya adalah cash flow. Alasannya yaitu jiksa Anda punya cash walaupun profit kita rendah atau bahkan minus, bisnis Anda masih bisa jalan dan tinggal merencanakan strategi untuk meningkatkan profit untuk periode berikutnya. Tapi kalau Profit ada tapi cash tidak ada maka saat itu juga bisnis Anda mati.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ACCURATE 5 di ACCURATE BUSINESS CENTER atau Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga