Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cash flow vs Profit. Mana yang lebih Penting ?

Cash flow vs Profit

Cash flow vs Profit

cash flow

Cash Flow atau arus kas merupakan sebuah laporan keuangan yang menunjukkan informasi rinci yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan pada periode tertentu, baik itu transaksi Penerimaan atau Pengeluaran. Informasi tersebut disusun secara sistematis berdasarkan waktu dan tanggal terjadinya transaksi.  

profit

Secara umum Profit atau laba merupakan keuntungan bersih yang didapat oleh suatu perusaan dalam kegiatan bisnisnya. Dalam Akuntansi Laba dapat diketahui dalam laporan Laba Rugi dengan membandingkan antara Pendapatan dan Biaya. 

Laporan Laba Rugi berfungsi untuk menunjukan informasi apakah kegiatan bisnis memiliki laba atau tidak. Laba/profit didapat dari Penerimaan penjualan baik secara Tunai atau kredit yang nilainya lebih besar ketimbang beban/ biaya yang harus dikeluarkan. Laporan laba Rugi tidak menunjukkan informasi apakah perusahaan tersebut sudah menerima dana tunai dari keuntungan tersebut atau belum. Sementara Laporan Cash Flow berfungsi untuk mengetahui secara ril nilai atau saldo kas yang telah terjadi tidak peduli apakah perusahaan untung atau rugi. Sehingga terkadang kita sering terkecoh pada suatu laporan ketika laporan pembukuan menunjukan adanya profit yang cukup tinggi namun disisi lain nilai saldo kas rendah bahkan minus.ataupun sebaliknya.

vs

profit

mana yang lebih penting ?

Diantara Cash flow dan Profit, Manakah yang lebih penting dan menjadi prioritas ? 

Setelah Kita memahami Penjelasan dan fungsi masing- masing antara Cash Flow dan Profit. Tentunya Jawaban paling benar dari pertanyaan di atas adalah keduanya memiliki peranan penting. Tidak ada kecenderungan untuk lebih mementingkan dan memprioritaskan salah satu diantara kas atau laba. Idealnya Nilai Arus kas harus sama dengan keuntungan/ kerugian yang didapat. Namun terkadang teori tidak sejalan dengan realita. Dalam suatu bisnis, 2 hal ini menjadi lebih kompleks. Kita mengharapkan Kas dan Laba dalam kondisi yang Baik. Namun segala situasi dan kondisi bisa saja terjadi dan mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

 Untuk lebih jelasnya mari kita berikan Penjabaran pada 2 kondisi yang berbeda. 

Kondisi Pertama

Jika Cash flow dalam Kondisi defisit Namun Laporan laba rugi menunjukkan adanya profit yang tinggi, maka dalam situasi ini Perusahaan Bisa saja terhambat dan terganggu secara operasional dikarenakan kondisi kas yang tidak memungkinkan untuk melakukan perputaran bisnis. Biasanya salah satu faktornya disebabkan Banyaknya Piutang dalam jangka waktu yang lama.

Kondisi Kedua

Sebaliknya, Jika Cash Flow memiliki nilai positif dan cenderung tinggi namun Laporan Laba Rugi menjukkan adanya Kerugian maka hampir bisa dipastikan Kas tersebut bukan berasal dari operasional bisnis namun berasal dari hal lain misal investasi, penambahan modal, dsb dalam periode tersebut. situasi ini juga dapat menjadi masalah, perlu digarisbawahi bahwa setiap bisnis pasti bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Jika Laba terus menunjukan penurunan bahkan sampai Rugi, hal ini akan menjadikan bisnis tidak berkembang dan berbahaya bagi kelangsungan bisnis kedepannya. 

Lalu, Bagaimana Kesimpulannya ?

walaupun demikian Perbandingan kedua kondisi diatas tetap menjadi realita yang tak terhindarkan dalam setiap perusahaan. Jika diminta untuk memilih 2 kondisi diatas maka Yang paling memungkinkan untuk tetap menjalankan bisnis adalah pada kondisi ke- 2. Hal ini berarti bahwa Arus Kas yang lancar lebih penting ketimbang Profit. Mengapa ? Jika suatu bisnis masih memiliki dana atau kas yang cukup, maka proses bisnis tersebut masih bisa terus berjalan. yang menjadi perhatian adalah bagaimana strategi Pemasaran harus dianalisis dan dievaluasi agar tidak terjadi kerugian ataupun penurunan keuntungan pada periode berikutnya. 

Namun demikian, sebaiknya profit dan cash flow digunakan sebagai bahan anaisis secara bersamaan, karena pada dasarnya keduanya merupakan suatu kesatuan sistem dalam menentukan kuat dan berkembangnya suatu bisnis. 

ingin mengetahui laporan arus kas dan laba/rugi ?

lebih mudah dengan software akuntansi

Cash Flow vs Profit