Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Rekonsiliasi Bank di ACCURATE Versi 5

Cara Rekonsiliasi Bank di ACCURATE Versi 5

Rekonsiliasi Bank ACCURATE 5 | Dalam dunia akuntansi dan perbankan, ada istilah yang dikenal dengan nama rekonsiliasi bank. Setiap perusahaan pasti memiliki akun di bank untuk menyimpan uang mereka. Jumlah uang tunai yang disimpan di perusahaan umumnya hanya kas kecil (petty cash) saja. Pembukaan rekening perusahaan di bank bertujuan untuk mengendalikan kas perusahaan secara umum. Meski demikian, perusahaan harus memiliki catatan sendiri mengenai dana yang keluar atau masuk, tidak sepenuhnya bergantung pada catatan dari bank. Namun demikian, sering ditemukan selisih antara catatan perusahaan dengan bank, karena adanya biaya-biaya yang tidak diperhitungkan. Misalnya biaya administrasi bank, pembagian bunga, dan lain-lain.

Pada saat menerima laporan , perusahaan harus memverifikasi apakah jumlah pada laporan bank sesuai dengan jumlah dalam rekening kas perusahaan dalam buku besar umum, begitupun sebaliknya. Proses verifikasi inilah yang disebut dengan rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan saldo dalam catatan akuntansi perusahaan dengan informasi terkait pada laporan bank.

Rekonsiliasi bank sangat diperlukan bagi perusahaan karena untuk mengetahui hal berikut ini:

  1. Perusahaan dapat mengetahui jumlah selisih dari saldo kas pada laporan bank yang berbeda dengan pembukuan perusahaan.
  2. Untuk mengetahui penyebab-penyebab selisih saldo kas pada catatan bank dan perusahaan.

Software Akuntansi terbaik untuk masalah pembukuan akuntansi perusahaan Anda adalah ACCURATE Accounting Software, karena ACCURATE Accounting Software terdapat banyak fitur yang memudahkan Anda dalam mengatasi masalah pembukuan akuntansi Anda,salah satunya masalah tentang rekonsiliasi bank . Fitur yang di sediakan ACCURATE Accounting Software untuk mengecek transaksi yang ada di rekening koran yaitu Rekonsiliasi Bank. Fitur yang disediakan khusus dari ACCURATE Accounting Software untuk mencocokan antara Saldo rekening koran dengan arus kas dari ACCURATE Accouting Software. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk rekonsiliasi bank adalah sebagai berikut :

Cara Rekonsiliasi Bank di ACCURATE Versi 5
Rekonsiliasi Bank ACCURATE 5
  • Buka dari Modul kas Bank, lalu Rekonsiliasi Bank.
  • Pilih Nama Bank yang akan Anda rekonsiliasi.
  • Setting tanggal pada saat Anda melakukan rekonsiliasi bank, Biasanya melakukan rekonsiliasi bank di awal atau di akhir bulan.
  • Isi Field Saldo Rekening koran per tanggal Anda melakukan rekonsiliasi bank.
  • Centang kolom Beres (Clear) yang ada disetiap baris transaksi transaksi yang ada pada bank tersebut. jika transaksi tersebut sudah sesuai dengan rek koran.

Catatan :

  • Calculate Statement Balance adalah saldo akumulatif yang terdiri dari transaksi transaksi yang sudah Anda centang tanda Clear pada Bank yang bersangkutan.
  • Bila kita temukan ada Clear yang berwarna Merah pada baris transaksi tertentu. Maka hal tersebut karena transaksinya sudah di rekonsiliasi padahal tanggal nya berbeda. Misalnya Anda melakukan rekonsiliasi pada tanggal 31 September. Namun pada tanggl 1 Oktober anda sudah rekonsiliasi dan juga clear transaksi tersebut.
  • Jika ada transaksi di Rekening Koran tetapi di ACCURATE Accounting Software belum ada transaksinya. Maka silakan ada input terlebih dahulu di ACCURATE Accounting Software,sehingga dapat dengan mudah untuk dilakukan rekonsiliasi.
  • Jika ada kasus sebalikannya. Maka Anda perlu untuk melakukan penyesuain atau bisa juga dengan merevisi setiap transaksi yang tidak ada di ACCURATE Accounting Software.
  • Jadi pada dasarnya rekonsiliasi disini tidak pengaruh ke Laporan Keuangan, hanya tools untuk membantu Anda bisa menyamakan dengan rek koran.
Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga