Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Pengusaha Mengelola Persediaan Barang Dagangan

Cara Pengusaha Mengelola Persediaan Barang Dagangan
Cara Pengusaha Mengelola Persediaan Barang Dagangan

Cara Pengusaha Mengelola Persediaan Barang Dagangan | Bagi para pelaku bisnis yang sedang menjalankan usahanya, persediaan barang dagangan merupakan hal yang sangat penting. Kekurangan atau kelebihan barang persediaan akan dapat berpotensi menyebabkan kerugian pada perusahaan. Hal ini dikarenakan setiap barang persediaan memiliki umur simpan. Semakin lama barang disimpan digudang, maka akan semakin beresiko barang mengalami kerusakan. Begitu juga sebalinya, apabila persediaan barang digudang habis maka perusahaan tidak dapat melakukan penjualan kepada konsumen. Itu sebabnya managemen pengelolaan barang persediaan menjadi hal yang sangat penting. Hal ini diharapkan dapat meminimalkan kerugian.

Persediaan adalah barang yang dimiliki untuk dijual atau digunakan kembali. Dalam suatu bisnis dibidang usaha apapun, persediaan harus dikelola dengan baik agar aktifitas suatu usaha dapat berjalan lancar. Sebagai pelaku bisnis, adalah baik untuk dapat memahami dengan benar mana barang yang berkualitas dan diminati pasar, agar barang yang disimpan sebagai persediaan tepat sasaran dan tidak berlebihan. Resiko yang dapat dihindari dengan melakukan managemen pengelolan persediaan adalah:

  1. Mengurangi resiko terjadinya keterlambatan pengiriman barang.
  2. Mengurangi resiko kenaikan harga.
  3. Mengantipasi permintaan pelanggan.
  4. Menjaga barang persediaan tetap dalam kondisi yang baik dan layak untuk dijual.

Mengelola persediaan dengan baik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika jumlah persediaan terlalu banyak atau besar maka dapat menyebabkan, meningkatnya biaya penyimpanan, rusaknya barang persediaan. Namun bila jumlah persediaan terlalu sedikit maka beresiko kekurangan persediaan dan kehilangan order pelanggan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengelola barang persediaan:

  1. Menetapkan jumlah minimum persediaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan karena apabila barang persediaan mendekati jumlah minimum yang sudah ditetapkan maka perusahaan dapat segera memesan ulang barang tersebut. Tingkat minimum persediaan akan berbeda-beda antara satu produk dengan produk lainnya.
  2. Memprediksi permintaan konsumen. Dengan memprediksi permintaan konsumen, maka perusahaan dapat mengurangi pengadaan barang tidak perlu, serta menghindari kelebihan atau kekurangan stok. Memprediksi permintaan konsumen dapat dilakukan dengan bantuan seperti melihat data penjualan ditahun sebelumnya, melihat trend yang sedang terjadi, dan kondisi ekonomi secara keseluruhan.
  3. Mengkaji dan melakukan pengecekan inventaris. Mengkaji dan melakukan pengecekan inventaris secara teratur akan membantu perusahaan menemukan masalah potensial sebelum terjadi.
  4. Membangun hubungan baik dengan pemasok. Hubungan yang baik dengan para pemasok akan sangat membantu apabila perusahaan sedang mengalami masalah terkait persediaan.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :