Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Mengatur Manajemen Persediaan Di Bisnis Food And Beverage

Cara Mengatur Manajemen Persediaan Di Bisnis Food And Beverage | Persediaan barang dan bahan merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis food and beverage. Dari persediaan bahan ini kita dapat mengetahui menu apa yang paling banyak dipesan atau sebaliknya menu yang tidak terlalu sering dipesan, yakni dengan mengecek jumlah stok barang/bahan. Pengelolaan stok yang baik dan sistematis akan akan melancarkan usaha dibidang makanan ini. Apabila pengelolaan stok tidak lancar, maka hanya akan menghambat usaha. Sebagai contoh apabila kita menstok terlalu banyak suatu bahan, padahal menu tersebut tidak terlalu sering dipesan atau sebaliknya, kita kekurangan stok bahan untuk menu yang tidak terlalu sering dipesan.

Melihat begitu pentingnya fungsi dari stok barang/bahan atau yang biasa disebut dengan persediaan, maka ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan managemen persediaan. Managemen persediaan adalah kegiatan perhitungan dan pengawasan pada stok gudang. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diiinginkan, seperti kekurangan atau kelebihan bahan baku. Managemen persediaan dalam bisnis food and beverage juga bertujuan untuk memastikan agar semua bahan baku masih dalam keadaan baik dan layak untuk dikonsumsi. Sebab apabila sampai ada bahan baku yang tidak dapat terpakai lagi hanya akan menyebabkan kerugian saja.

Mengurus persediaan dalam sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam managemen persediaan, khususnya dibisnis food and beverage ini:

1. FIFO (First In First Out). Memastikan bahan yang kita beli terlebih dahulu untuk digunakan terlebih dahulu. Dengan demikian mengurangi resiko bahan baku basi dan sebagainya.
2. Memperkerjakan orang yang tepat. SDM dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang dapat membawa perusahaan kearah yang lebih baik atau sebaliknya. Agar terhindar dari segala hal yang merugikan perusahaan kita dapat menunjuk satu orang yang dapat dipercaya untuk mengelola persediaan bahan baku kita.
3. Rutin melakukan pencatatan. Misal kapan bahan baku ini dibeli, kapan masa berakhirnya, sisa persediaan, dan sebagainya.

Persediaan adalah aset perusahaan yang masih menunggu untuk digunakan. Setiap barang/bahan yang disimpan memerlukan biaya, apabila persediaan yang ada jumlahnya berlebihan maka biayayang dikeluarkan juga makin tinggi. Namun apabila persediaan kurang maka akan menghambat kegiatan, resikonya bisa kehilangan pelanggan. Untuk itu managemen persediaan yang baik dan dikelola oleh orang yang tepat merupakan salah satu cara efektif bisnis food and beverage dapat bertahan.

 

Baca Artikel Terkait :