Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

CARA MENCEGAH TERJADINYA KECURANGAN DALAM BISNIS ANDA

cara mencegah terjadinya kecurangan dalam bisnis anda. Hub: Firdaus 081703354372

Cara mencegah terjadinya kecurangan dalam bisnis anda.

Kecurangan dalam perusahaan atau biasa dikenal dengan Fraud. Fraud atau kecurangan disini adalah suatu perbuatan tindakan yang melanggar hukum yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab secara diri pribadi atau kelompok yang dapat merugikan pihak lain atau perusahaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompoknya.

Penting bagi anda para pelaku bisnis untuk mengetahuikecurangan atau fraud yang sering terjadi didalam perusahaan tanpa Anda sadari.

Berikut akan diulas mengenai kecurangan yang biasa terjadi di perusahaan dan bagaimana cara mencegahnya.

Jenis Fraud atau kecurangan berdasarkan Pelakunya

  1. Kecurangan Pegawai. Dimana jenis kecurangan ini dilakukan oleh staff pegawai dalam satu perusahaan.
  2. Kecurangan Management. Kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang memiliki kedudukan lebih tinggi, orang kepercayaan dalam perusahaan atau management perusahaan. Sehingga perusahaan mangalami kerugian yang besar.
  3. Kecurangan pihak ketiga. Biasanya kecurangan ini dilakukan oleh pihak pelanggan ataupun supplier yang dapat merugikan perusahaan.

Banyak kecuragan kecuragan yang timbul didalam perusahaan, jika dibiarkan hal tersebut terjadi dalam jangka waktu tertentu akan membuat perusahaan merugi bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan.

Ciri ciri Oknum yang sering melakukan kecurangan dalam perusahaan diantaranya adalah:

Gaya Hidup Mewah

Pihak management harus memperhatikan perilaku dari staff nya yang tidak seperti biasanya dengan gaya hidup mewah dan bandingkan dengan penghasilan yang didapat apakah layak perilaku hidup mewah tersebut. Tidak ada salahnya pihak management mulai melakukan penyelidikan secara diam diam.

Memiliki Kesulitan Ekonomi

Dengan kondisi ekonomi yang mendesak sering oknum berpikiran pendek untuk segera terhindar dari desakan ekonomi tersebut. Misal karena ada keluarga yang sakit membutuhkan biaya besar akan membuat oknum berpikiran pendek untuk kebutuhan yang mendesak tersebut.

Staff finansial atau Memiliki Kedudukan Tinggi

Karena memiliki jabatan yang tinggi dan memegang kedudukan seperti financial dan karena kurangnya diawasi oleh pimpinan akan membuat seorang oknum berpikiran negatif untuk dengan mudah memanipulasi keuangan perusahaan.

Adapun cara mencegah terjadinya kecurangan di perusahaan adalah :

Pengawasan Internal dan Pengendalian yang Baik

Dalam hal ini pihak management perusahaan harus memberikan contoh yang baik dan penerapan SOP sesuai dengan divisi masing masing dalam perusahaan.

Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik intens sering dilakukan pihakmanagement perusahaan terhadap staff agar ada rasa sungkan dipihak staff pada management.

System Informasi Yang Baik

System informasi disini bisa dilakukan dengan cara memperbaiki system akuntansi yang saling terintegrasi antar bagian. Dengan diterapkannya program pembukuan maka akan ada otorisasi, hak akses, histori transaksi sehingga akan dengan mudah melakukan deteksi dini atas apa yang sudah dilakukan oleh staff

Visi dan Misi Perusahaan

Pihak pimpinan atau management perusahaan harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam system kerja perusahaan, dan kejelas hukum jika sampai terjadi kecurangan kecurangan tidak terkecuali pelakunya oleh siapapun.

Demikian sekilas mengenai kecurangan atau fraud yang sering terjadi diperusahaan dan bagaimana cara mengatasi kecurangan kecurangan tersebut.

Dalam hal ini dengan menggunakan program pembukuan akan sangat membantu dan mencegah sejak dini jika sampai terjadi kecurangan kecurangan dalam perusahaan.

Untuk mendapatkan informasi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam hal menghindari kecurangan fraud di perusahaan Anda, Silahkan Hubungi

FIRDAUS YUNIANTO

081703354372

recurring dan memorize transaksi fitur unggulan accurate software. Hub: Firdaus 081703354372

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :