Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Bisnis Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Bisnis Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya
Cara Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Bisnis Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Kecurangan di Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya |Setiap perusahaan mempunyai laporan keuangan yang bertujuan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan secara ekonomi. Laporan keuangan harus disiapkan secara periodik untuk pihak-pihak yang berkepentingan. Laporan keuangan / Financial Statement memberikan informasi keuangan suatu perusahaan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi serta menunjukkan kinerja yg telah dilakukan manajemen (stewardship) atau pertanggungjawaban manajemen. Salah-satu resiko bisnis yang patut diantisipasi perusahaan adalah terjadinya fraud atau kecurangan. Kerentanan akan fraud dapat dialami oleh perusahaan manapun, walau kerap terjadi di perusahaan kecil.

Dalam Artikel ini akan memberikan Penjelasan Cara Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Bisnis Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya

Memahami Gejala Kecurangan / Fraud

Pengertian Fraudulent Financial Reporting menurut Iman Sarwoko dkk (2005) adalah salah saji atau penghilangan secara sengaja jumlah atau pengungkapan dalam laporan keuangan. Pada intinya fraud dalamperusahaan merupakan perbuatan kecurangan disengaja yang didasari ketidakjujuran yang bisa dilakukan oleh seseorang, baik karyawan maupun pimpinan yang berakibat merugikan perusahaan, baik secara financial maupun non-financial. Kerugian perusahaan karena fraud ini pada akhirnya dapat menyebabkan kebangkrutan

Untuk mecegah kecurangan dalam perusahaan, ada beberapa gejala yang bisa Anda perhatikan ketika fraud terjadi. Di bawah ini adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi ketika kecurangan sedang terjadi.

Gejala kecurangan yang terjadi pada manajemen

  • Ketidakcocokan diantara manajemen puncak
  • Moral dan motivasi karyawan rendah
  • Departemen akuntansi kekurangan staf
  • Penjualan/laba menurun sementara itu utang dan piutang dagang meningkat
  • Terdapat kelebihan persediaan yang signifikan

Gejala kecurangan yang terjadi pada karyawan

  • Pengeluaran tanpa dokumen pendukung
  • Penghancuran, penghilangan, pengrusakan dokumen pendukung pembayaran
  • adanya Faktur ganda
  • adanya Penggantian mutu barang

KLASIFIKASI & JENIS FRAUD

  • Management Fraud (kecurangan manajemen)

Kecurangan ini dilakukan oleh orang dari kelas sosial ekonomi yang lebih atas dan terhormat yang biasa disebut white collar crime.Kecurangan manajemen ada dua tipe antara lain: Kecurangan Jabatan, Kecurangan Korporasi (Manipulasi pajak)

  • Employee Fraud (kecurangan karyawan)

Kecurangan karyawan biasanya melibatkan karyawan bawahan. Kadang-kadang merupakan pencurian atau manipulasi. Dibandingkan dengan kesempatan melakukan kecurangan pada manajemen maka kesempatan
melakukan kecurangan pada bawahan relatif kecil. Hal ini disebabkan mereka tidak mempunyai wewenang karena pada umumnya semakin tinggi wewenang semakin besar kemungkinan melakukan kecurangan.

  • E-Commerce Fraud

Kecurangan yang dilakukan akibat adanya transaksi melalui internet (misalnya pengadaan lelang melalui internet )

Faktor yang Mendorong Terjadinya Fraud

  • Motivasi

Terjadinya dorongan yang menyebabkan seseorang untuk melakukan kecurangan yang dipicu oleh beberapa alasan, mulai dari dorongan seseorang untuk melakukan kecurangan yang dipicu oleh alasan ekonomi, emosional, atau nilai.

  • Adanya Kesempatan / Peluang

Ketika terdapat peluang, maka disitulah ada kesempatan yang dilakukan oleh pelaku kecurangan. Faktor ini biasanya didorong karena lemahnya internal control atau penyalahgunaan wewenang dalam perusahaan.

  • Rasionalisasi

Faktor ini terjadi ketika seseorang melakukan rasionalisasi atau mencari pembenaran atas terjadinya kecurangan. Hal ini biasanya terjadi karena pelaku mempertahankan jati dirinya sebagai orang yang dipercaya, sehingga ia akan mencari pembenaran atas tindakannya tersebut.

Cara Mencegah Kecurangan (Fraud) Di Bisnis Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya

Pencegahan praktik kecurangan dapat dilakukan dengan beberapa cara :

  • Efektifkan pengendalian internal termasuk penegakan hukum
  • Perbaiki sistem pengawasan dan pengendalian ( Dalam hal ini pihak management perusahaan harus memberikan contoh yang baik dan penerapan SOP sesuai dengan divisi masing masing dalam perusahaan.)
  • Menciptakan gambaran hukuman yang akan diterima bila melakukan fraud / Kecurangan
  • Melakukan Audit teratur
  • menggunakan software akuntasi/ sistem informasi berbasis teknologi yang baik. ( Penggunaan software khusus dapat meningkatkan efisiensi kerja dan juga efisiensi pengawasan kerja. Software yang baik setidaknya memenuhi dua syarat.
    • Pertama, terintegrasi satu sama lain, di internal perusahaan, sehingga mempercepat transfer data dan pengawasan data. Ketika seorang karyawan hendak melakukan manipulasi, bisa langsung terlacak dari komputer perusahaan manajer ataupun karyawan lain.
    • Kedua, terdapat jaminan kerahasiaan untuk dokumen-dokumen penting. Fraud seringkali terjadi karena kebocoran password yang menjadi akses untuk dokumen-dokumen penting.

Demikian ulasan mengenai kecurangan atau fraud yang sering terjadi di perusahaan dan bagaimana Cara Mencegah Kecurangan di Usaha Anda Dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi usaha Anda.

penggunaan software akuntansi / sistem informasi berbasis teknologi dapat meminimalkan kecurangan / fraud. dengan menggunakan program pembukuan akan sangat membantu dan mencegah sejak dini jika sampai terjadi kecurangan kecurangan dalam perusahaan.

TIPS DAN KRITERIA MEMILIH SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK USAHA ANDA KLIK DISINI

Untuk mendapatkan Informasi Lengkap mengenai Software Akuntansi Silahkan Hubungi

Baca Juga :