Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Jitu Menghindari Piutang Tak Tertagih

Cara Jitu Menghindari Piutang Tak Tertagih — Hai sobat Accurate yang terkasih, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips kepada anda agar bisa terhindar dari piutang tak tertagih. Disimak baik-baik ya… Pertama-tama tentunya kita harus tahu dulu bukan, apa yang dimaksud dengan piutang tak tertagih itu. Piutang tak tertagih adalah kerugian piutang bagi suatu perusahaan akibat sejumlah piutang yang tidak dilunasi oleh pihak debitur. Dalam hal ini yang dimaksud dengan debitur adalah customer anda. Penyebab piutang tak tertagih bisa bermacam-macam mulai dari customer yang tidak diketahui keberadaannya, customer yang tidak mau membayar piutang, hingga customer yang dianggap tidak mampu membayar piutang atau bisa dianggap bangkrut. Tentunya anda sebagai pemilik usaha tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu kami akan memberikan tips untuk menghindari piutang tak tertagih.

Cara Jitu Menghindari Piutang Tak Tertagih

  1. Melakukan follow up secara berkala. Dengan melakukan follow up secara rutin kepada customer yang memiliki piutang, maka anda bisa mengetahui kondisi yang dialami oleh customer. Dengan begitu, customer tidak akan bisa menghindar ketika piutangnya ditagih oleh anda.
  2. Mencatat data kontak customer anda selengkap-lengkapnya. Pencatatan data customer penting, agar ketika melakukan penagihan anda dapat mengetahui lokasi dari customer anda. Hal ini juga bisa membuat anda tidak kehilangan kontak dengan customer anda.
  3. Membatasi limit piutang. Cara lain yang dapat ditempuh agar bisa terhindar dari piutang tak tertagih adalah melakukan pembatasan lmit piutang customer anda. Jadi, customer anda harus melunasi piutang yang pernah mereka lakukan ke perusahaan anda baru bisa melakukan piutang lagi. Jika customer tersebut sudah mencapai batas limit piutang, maka anda berhak untuk menolak pengajuan piutang customer tersebut.
  4. Memberikan jangka waktu pelunasan piutang. Penting untuk diingat bahwa piutang adalah suatu hl yang wajib dilunasi oleh customer. Anda harus memberikan jangka waktu pelunasan piutang agar usaha anda juga memperoleh pemasukan. Jika tidak ada batas waktu pelunasan piutang, darimana sumber penghasilan atas usaha anda?
  5. Catat waktu pembayaran piutang customer anda. Jika memungkinkan, anda bisa mencatat kapan batas waktu pelunasan piutang atau gunakanlah program akuntansi yang bisa mengingatkan anda kapan waktunya menagih piutang customer anda.

Cara Jitu Menghindari Piutang Tak Tertagih — Demikianlah cara-car agar anda terhindar dari piutang tak tertagih. Jika anda tertarik dan ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.