Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Cara Dan Contoh Perhitungan Standart Costing Di Manufakturing

Perhitungan Standart Costing Manufakturing | Dalam memproduksi barang perusahaan tentu akan menghitung dulu berapa cost yang keluar dalam satu kali proses produksi, hal ini berhubungan dengan nilai jual barang yang Anda tawarkan. Jangan sampai harga jual jauh lebih rendah dari biaya produksi karena hal tersebut akan mengakibatkan kerugian pada bisnis Anda, kecuali jika Anda sedang melakukan promosi sehingga harga jual barang bisa ditekan lebih rendah dengan kuantitas yang banyak sehingga tetap menghasilkan keuntungan.  Sebelum Anda menentukan harga jual pada barang yang akan ditawarkan ke pasar, idealnya Anda sudah menghitung berapa biaya produksi dari satu barang. Untuk menghitung biaya produksi Anda bisa menggunakan metode biaya standart, apa itu metode biaya satandart? bagaimana cara menghitungnya? berikut penjelasannya. Metode biaya standart adalah suatu metode perhitungan untuk menghitung biaya suatu produksi yang sudah memasukkan variabel seperti efisiensi, kondisi ekonomi dan faktor lain yang berhubungan dengan unit tambahan produk dalam produksi. metode biaya standart memungkinkan pencatatan keuangan untuk menentukan berapa biaya yang keluar dari setiap unit produksi dan dilihat selisinya dengan pendapatan untuk menghasilkan profit bisnis di awal produksi, karena biaya produksi ini adalah kondisi yang belum terjadi sehinga prediksi biaya standart sangat mungkin untuk berbeda dengan biaya aktualnya. 

Menentukan Standar Costing 

Terdapat dua komponen utama dalam menentukan biaya standart produksi yaitu :

  • Bahan Baku Standart

Biaya bahan baku terdiri dari harga unit, standart untuk menetapkan bahan – bahan dan departement pembelian. Ketiga komponen tersebut untuk menyusun biaya bahan baku standart. Untuk menentukan harga, bahan baku standart harus dikali dengan kuantitasnya yang diperoleh dari catatan periode sebelumnya / melakukan penyelidikan teknis. 

  • Tenaga Kerja Langsung 

Merupakan komponen kedua terpenting adalah tenaga kerja, yang merupakan beban tetap yang dikeluarkan oleh perushaaan. Biaya tenaga kerja ditentukan oleh jam kerja yang terdiri dari :

  1. Jumlah rata – rata jam kerja.
  2. Menguji operasi produksi dibawah standart keadaan normal.
  3. menilai produktivitas dari karyawan langsung.
  4. Menyesuaikan taksiran yang sesuai dengan kapasitas, pengalaman, dan pengetahuan karyawan. 
  5. Surat Kontrak dan Perjanjian 
  • Overhead Pabrik

Biaya overhead standar ditentukan oleh kondisi dari produksi sendiri. Apakah proses produksi berjalan dengan normal? Atau sesuai dengan teori dimana kapasita maksimum sesuai dengan target terakhir adalah kapasitas yang diprediksi baru akan dicapai di periode mendatang. Pembebanan biaya disebar pada unit produksi, biaya material, biaya tenaga kerja, jumlah jam kerja tenaga kerja dan jam kerja mesin. 

Cara Dan Contoh Perhitungan Standart Costing Di Manufakturing

Bahan Baku Standart.

Tenaga Kerja dan Overhead Standart.

Cara Dan Contoh Perhitungan Standart Costing Di Manufakturing

Sumber Tarif 

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga