Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Bisnis Offline VS Bisnis Online, Mana yang Lebih Baik ?

Bisnis Offline vs Online

Bisnis Offline Vs Online, Mana yang lebih baik ?

Berbicara mengenai Bisnis memang selalu menarik. Di Indonesia sendiri perkembangan di sektor usaha bisa dibilang sangat besar. Ketertarikan untuk membuka usaha terkadang didorong oleh banyak nya peluang yang ada di sekitar kita. Ada banyak Pilihan bidang usaha yang dapat dijalankan oleh setiap pengusaha dari modal kecil sampai bisnis yang bermodal besar. Secara garis besar anda dapat melakukan bisnis dengan 2 Metode, yaitu Bisnis Online (Onlineshop) atau Bisnis Offline (Toko Konvensional ). Masing- masing memiliki perbedaan di berbagai aspek. Berikut kami akan menjelaskan beberapa poin perbedaan antara bisnis Offline dan Online.

Modal Usaha

Dari segi besaran Modal, Untuk Berbisnis secara Offline memang memerlukan modal yang cukup besar yang harus anda persiapkan. Apa saja Biaya yang harus anda keluarkan ?

  • Sewa Toko/ gedung/ Rumah yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen
  • Stock Barang yang anda jual pada toko anda
  • Pegawai untuk operasional Toko
  • Biaya Listrik, Biaya promosi seperti brosur, spanduk, dsb.
  • Biaya peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan di Toko

Jika Bisnis Offine yang seperti kita lihat membutuhkan modal yang cukup besar, lalu apakah Bisnis online juga membutuhkan modal yang besar ? Bisnis Online cenderung memiliki Modal Usaha yang cukup terjangkau. Hal ini membuat bisnis Online Cocok untuk dilakukan untuk Pengusaha yang baru merintis. Biaya yang paling dominan adalah koneksi internet dan Perangkat yang memadai. Selain itu, Bisnis Online Dapat dilakukan dimanapun dengan barang stock atupun dengan sistem PO.

Strategi Pemasaran

Pemasaran yang dilakukan Bisnis Offline adalah memperkuat promosi dengan bantuan media brosur, Spanduk, Pamflet, iklan di media massa dsb. Selain itu anda juga dapat menjual produk anda melalui bantuan sales dan marketing untuk melakukan metode canvasing.

Bisnis Online, untuk memperkuat pemasaran pada bisnis online, anda hanya perlu memperbanyak jaringan media sosial anda. Selain melakukan branding dan promosi di media sosial, anda juga dapat membuat website e-commerce serta menjual produk diberbagai marketplace untuk kemudahan akses pelanggan.

Jangkauan Pasar

Karena Bisnis Offline harus dilakukan di suatu tempat seperti Toko, maka jangkauannya cenderung terbatas. Lebih banyak konsumen berasal dari area sekitar Toko. Kecuali jika anda membuka beberapa cabang, hal ini akan memperluan jaringan pasar anda, namun kembali lagi, membuka cabang membutuhkan biaya yang besar dan membutuhkan strategi pengelolahan yang tepat.

Sedangkan Pada Bisnis Online, Karena Bisnis Online menggunakan Media internet, maka jangkauang pasar nya tidak terbatas. Anda dapat menjual produk dimanapun konsumen anda berada selama masih memungkinkan dijangkau oleh jasa pengiriman barang atau ekspedisi.  

bisnis offline vs bisnis online

bisnis offline

Kelebihan

  • Tingkat kepercayaan konsumen relatif lebih tinggi
  • Memudahkan Pelayanan pelanggan secara langsung
  • Keamanan dari sistem pembayaran

kekurangan

  • Membutuhkan Modal Usaha yang Cukup Besar
  • Jaringan Pasar Terbatas
  • Waktu Penjualan yang tidak fleksibel
  • Membutuhkan upaya pemeliharaan barang yang distock di toko

bisnis online

kelebihan

  • Membutuhkan Modal usaha yang relatif terjangkau
  • Jangkauan Pasar yang lebih luas
  • Dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun
  • Produk yang dijual dapat lebih bervariasi

kekurangan

  • Membutuhkan Upaya untuk membangun kepercayaan konsumen
  • Persaingan yang ketat karena di era digital banyak Online shop yang beragam
  • membutuhkan Kestabilan Konektivitas Internet

Bisnis Offline Vs Online, Mana yang lebih baik ?

mungkinkah menggabung keduanya ?

Baik Bisnis Offline atau Online, keduanya memiliki Kekurangan dan kelebihan masing- masing. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa di Era digital seperti saat ini, Bisnis Online lebih banyak dapat membantu dan memudahkan dibidang promosi dan pemasaran. Walaupun tingkat kepercayaan konsumen terkadang lebih besar pada toko offline dikarenakan masih banyaknya penipuan yang terjadi di media internet. Untuk Itu Sangat memungkinkan menggabungkan dua metode pemasaran bisnis Offline dan online untuk jaringan pasar yang lebih luas. Tentunya anda perlu membuat Strategi yang tepat dan persiapan yang matang untuk memulai menggabung kan kedua metode tersebut agar bisnis anda berjalan dengan efektif dan efisien. 

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Offline VS Bisnis Online, Semoga dapat menjadi refernsi untuk anda yang sedang mempertimbangkan membukan peluang usaha dan bisnis. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya.