Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Bisnis Klinik Kecantikan Yang Menjanjikan Untung Besar

Bisnis Klinik Kecantikan Yang Menjanjikan Untung Besar
Bisnis Klinik Kecantikan Yang Menjanjikan Untung Besar

Bisnis Klinik Kecantikan Yang Menjanjikan Untung Besar | Belakangan ini klinik kecantikan terus tumbuh menjamur, tidak hanya dikota-kota besar namun juga dikota-kota kecil. Meskipun dalam kondisi krisis seperti sekarang ini (new normal), wanita tetap ingin tampil cantik. Terlebih lagi penggunaan media sosial yang meningkat, dimana banyak artis maupun influenzer banyak disorot. Sehingga banyak orang ingin meniru kecantikan maupun produk skincare yang digunakan oleh para artis tersebut. Hal ini lah yang membuat bisnis kecantikan tumbuh subur, selain itu untuk membuka klinik kecantikan tidak diperlukan keterampilan khusus seperti harus menjadi dokter kulit dan sebagainya. Karena saat ini banyak tawaran untuk membuka franchise klinik kecantikan, yang diperlukan hanya menyewa tenaga medis saja.

Baca Juga : Persiapan Menggunakan Software Akuntansi

Namun untuk memulai usaha dibidang klinik kecantikan yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah menentukan segmen pasar yang akan disasar. Karena dari segmen pasar tersebut dapat digunakan untuk menentukan beberapa hal, yaitu :

  1. Lokasi usaha. Misal menyasar segmen menengah atas, maka lokasi yang dipilih sebagai tempat usaha harus berada dikawasan elite yang banyak dikunjungi atau ditinggali kalangan menengah atas dan sebaliknya jika menyasar segmen menengah bawah maka lokasi yang dipilih sebagai tempat usaha sebaiknya berada di daerah pinggiran.
  2. Sistem Pemasaran. Apakah sistem pemasaran yang efektif dari segmen yang dipilih, misal melalui brosur, iklan dimedia, menggunakan jasa influenzer dimedia sosial, mulut ke mulut dan lain sebagainya.
  3. Treatment yang disediakan. Ada banyak treatment dalam usaha klinik kecantikan. Mulai dari treatment wajah yang juga tidak kalah banyak macamnya, treatment anti aging, treatment badan hingga treatment pelangsingan. Sediakan treatment yang sesuai dengan minat dari segmen pasar yang disasar.
  4. Harga. Dibanyak klinik kecantikan rata-rata memiliki treatment yang sama tapi memiliki harga yang berbeda. Misal harga untuk facial diklinik yang satu dengan klinik lainnya berbeda harganya. Inilah yang dimaksud dengan menentukan harga berdasarkan segmen pasar. Harga yang diberikan tentu harus sesuai dengan segmen pasar yang disasar agar dapat dijangkau.

Baca Juga : Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import

Di era new normal seperti saat ini, keamanan dan kebersihan menjadi point utama dalam segala aspek termasuk bisnis. Terutama dibisnis klinik kecantikan yang memang mengharuskan terjadinya kontak fisik secara langsung. Untuk itu bagi pebisnis pemula yang ingin mencoba peluang bisnis klinik kecantikan harus memperhatikan peralatan yang digunakan serta SDM sebagai tenaga ahli untuk lebih memperhatikan soal kebersihan. Selain itu, SDM sebagai tenaga ahli yang direkrut hendaknya merupakan orang yang ahli menguasai anatomi tubuh.

Baca Juga : Perubahan Trend Penjualan Produk Consumer Goods Diera New Normal

Sebelum memulai usaha bisnis kecantikan, perlu diketahui bahwa klinik kecantikan ada dua jenis, yaitu :

  1. Klinik pratama. Klinik kecantikan yang mengarah pada tindakan perawatan namun dengan tenaga dokter umum. Klinik pratama membutuhkan modal yang lebih sedikit karena produk dan peralatan yang digunakan lebih sederhana.
  2. Klinik utama. Klinik kecantikan yang sudah memiliki dokter spesialis terkait dengan treatment yang ditawarkan. Pada klinik utama peralatan yang digunakan lebih spesifik, lengkap dan lebih canggih. Selain itu biasanya produk atau obat-obatan yang digunakan biasanya diracik sendiri oleh dokter.
    Selain dua jenis klinik kecantikan seperti diatas, saat ini sudah cukup banyak klinik kecantikan yang menawarkan sistem kerjasama Franchise. Sistem franchise sendiri sebenarnya memberikan keuntungan bagi pebisnis pemula yang ingin membuka klinik kecantikan. Karena biasanya sistem franchise menyediakan sistem kerjasama yang sangat membantu seperti membantu merekomendasikan lokasi usaha tepat, peralatan klinik, terapis, pelatihan bagi tenaga ahli, serta surat perijinan mendirikan klinik kecantikan. Selain itu usaha dengan sistem franchise akan lebih mudah dijalankan karena sudah punya sistem yang baik dan nama yang sudah cukup dikenal. Namun biasanya membuka usaha dengan sistem franchise membutuhkan modal yang cukup besar, serta ada surat kerja sama berapa lama kontrak kerjasama tersebut dijalankan dan ada pembagian fee.

Dengan demikian pilihan dalam membuka usaha klinik kecantikan dapat disesuaikan dengan kemampuan dan modal yang dimiliki. Apakah akan membuka klinik kecantikan pratama dengan peralatan yang sederhana dan merekrut dokter umum, klinik utama dengan menjalin kerja sama dengan dokter spesialis ataukah membuka klinik kecantikan dengan sistem franchise.

Baca Juga : Peluang Usaha Yang Dinilai Mengalami Peningkatan Diera New Normal