Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Belajar Kesuksesan Bisnis Franchise Waralaba Dari Film The Founder

Belajar Kesuksesan Bisnis Franchise waralaba dari Film The Founder | anda pasti sudah tau dan pernah nonton film the founder yang bercerita mengenai perkembangan salah satu  restoran cepat saji yang terkenal di dunia, yaitu McDonald’s. Di film ini diceritakan bagaimana McDonald’s berkembang mulai dari nol sampai sukses hingga ke lingkup nasional bahkan mancanegara.

dalam artikel ini saya tidak akan mereview film dari the founder, tetapi jika anda seorang pebisnis anda akan menyukai film ini, karena di film founder ini akan mendapatkan nilai dan pesan penting dalam bisnis. Dalam film ini lebih ditik beratkan bagaimana seseorang harus mempunyai pemikiran dan visi yang luas dalam berbisnis, kalau tidak mereka akan dihancurkan oleh sosok yang punya visi besar.

Belajar Kesuksesan Bisnis Franchise Waralaba dari Film The Founder

  • kepintaran melihat peluang bisnis

Kepintaran seorang Roy kroc pintar membaca melihat peluang bisnis ini dapat dilihat dari film the founder. hal ini dapat dilihat dari seorang roy Kroc pun menemukan sesuatu yang tak biasa pada McDonald’s. McDonald’s di dalam pemikirannya hanyalah sebuah restoran biasa yang menjual makanan seperti burger, kentang goreng, dan softdrink pada umumnya. Tapi, yang membuat McDonald’s berbeda dari restoran lainnya dan membuat Kroc kagum adalah dari segi pelayanan dan penyajiannya.  Di saat restoran lain membutuhkan 20-30 menit untuk menyajikan makanan kepada pelanggannya, McDonald’s hanya butuh 30 detik dan makanan sudah siap di tangan pelanggan. Sebab pada masa itu, kebanyakan restoran cepat saji di AS memiliki budaya kerja yang buruk dan amat tidak efisien. Roy Kroc pun melihat sebuah potensi untuk menjadikan restauran ini sebagai franchise dan mengajak Mc.Donald’s bersaudara ( Mac dan dic) untuk bekerja sama.

  • Kegigihan ( persistence)

ada pepatah mengatakan So dream big is good, but it will be nothing, without persistence. hal ini dapat dilihat dari seorang pemilik konseptor ide dari McDonald’s dalam hal ini dic dan Mac kurang gigih dalam mengembangkan bisnisnya. kurang gigihnya pemilik konseptor ide dari McDonald’s dapat dilihat pemilik konsep McDonald’s telah mendirikan lima franchise di tempat yang berbeda-beda. Tapi sayangnya keduanya tidak mau mengembangkan lebih lanjut franchise-nya. dan Alasannya karena terkendala oleh satu hal, yaitu pada kontrol kualitas yang sangat sulit. Sulit untuk menyamaratakan kualitas di tempat yang berbeda-beda. karena Dick dan Mac hanya selalu berfokus pada satu hal, speede system, dan hanya berfokus pada satu restoran. Dic dan Mac terlalu cepat puas dengan capaian mereka.sedangankan seorang ray kroc terus berpikir bagaimana usaha bisnis McDonald’s terus berkembang ( Bussiness Growth). Ray Kroc tidak gampang menyerah. Dia terus melawan keputusan-keputusan Dick dan Mac yang cenderung anti-growth.karena kegigihannya dalam mengembangkan bisnis dia bertemu dengan seorang perencana keuangan harry sonneborn yang membantu ray kroc menemukan pola pemasukan baru bagi Mc Donald’s

  • Memilih Lingkungan Pertemanan yang positif

dalam berbisnis memilih lingkungan pertemanan juga salah satu faktor dalam keberhasilan berbisnis. Hal ini dikarenakan perlunya kita mendapat dukungan yang luar biasa besar dan juga positif, yang salah satunya dari lingkungan pertemanan, demi kemajuan kualitas dan kapasitas diri dan bisnis yang kita jalani. hal ini dapat diihat pada saat Ray Kroc dan istrinya sedang makan malam di sebuah klub dengan rekan rekannya, dalam makan malam tersebut roy kroc sering mendapat perkaataan negatif bisnis yang roy kroc yang sedang jalani. dan pada saat ray kroc menawarkan bisnis franchise McDonald’s yang revolusioner rekan – rekannya setuju join akan tetapi bisnis franchise McDonald’s mengalami penurunan kualitas karena tidak Sesuai Standart kontrol kualitas yang dimiliki oleh McDonald’s

  • Memiliki Visi besar

Ray Kroc Memiliki memiliki rencana yang jauh lebih besar dalam pikirannya. Dia memiliki visi besar untuk McDonald’s. Dengan visi tersebut, dia berbicara dengan saudara McDonald’s untuk membeli saham perusahaan tersebut.hal ini dapat dilihat dari seorang Ray Kroc menjadikan McDonald’s menjadi Franchise Realty Corparation, sebuah perusahaan real estate yang dijalankan dan tentunya tanpa harus melepas bisnis jualan burger. Perusahaan itu membangun gerai McDonald’s ikonik dengan lengkungan emas rancangan konsep Dick yang ray kroc lihat didalam foto yang terpampang di dinding pada saat dic dan mac bernegosiasi dengan ray kroc untuk Franchise waralaba

  • Keberanian menghadapi resiko dan tantangan

Ray Kroc adalah seorang entreprenuer pengambil resiko yang handal. hal ini dapat dilihat dia bertaruh segalanya dengan menggadaikan rumah yang dimiliki untuk ekspansi dan mengembangkan McDonald’s. Ray Kroc mulai berani berinovasi menciptakan terobosan baru untuk tujuan efisiensi dan meningkatkan penjualan, mengembangkan Sistem Franchise di berbagai macam yang mana pada saat itu belum banyak model di amerika tanpa belum tahu betul apa hasilnya.

  • Cintai dan percaya bisnis yang anda geluti

Kunci utama dari kesuksesan usahanya tersebut adalah percaya, ia percaya bahwa semua ide dan inovasi yang ia lakukan akan membawa perusahaannya mencapai kesuksesan.