Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Beda Laba Bersih Dan Laba Kotor

Beda Laba Bersih Dan Laba Kotor — Banyak orang berpikir kalau laba bersih dan laba kotor adalah hal yang sama. Namun dalam kenyataannya, dua hal tersebut sama sekali berbeda. Mari kita simak secara bersama-sama mengenai laba bersih dan laba kotor mulai dari pengertiannya. Laba bersih adalah jumlah pendapatan setelah dikurangi total biaya yang ada di luar HPP ( Harga Pokok Penjualan ) sedangkan laba kotor adalah jumlah penjualan bersih setelah dikurangi HPP ( Harga Pokok Penjualan ). Dengan begitu, laba kotor bisa juga dikatakan sebagai jumlah pendapatan yang tersisa setelah dikurangi dengan total biaya akibat pekerjaan produksi.

Beda Laba Bersih Dan Laba Kotor | Hubungi : Ivan ( 087759171799 )

Mari kita lihat bagaimana rumus dari laba kotor dan laba bersih. Laba kotor = Penjualan bersih – HPP, laba bersih = Total penjualan – biaya produksi – biaya lain-lain. Dari rumus tersebut, anda pasti menemukan perbedaan dari kedua jenis laba tersebut bukan. Penting untuk mengetahui definisi dan perbedaan dari laba kotor dan laba bersih yang berada di laporan laba rugi. Karena dengan pengetahuan tersebut, anda bisa menilai kinerja perusahaan dan membuat keputusan bisnis.

Manajemen perusahaan menghitung laba kotor untuk menentukan perkiraan secara kasar dari keuntungan perusahaan. Selain itu, manajemen perusahaan juga dapat menghitung laba bersih untuk menentukan efisiensi operasional dan kemampuannya untuk mengubah barang jadi menjadi penjualan. Di sisi lain, laba bersih perusahaan digunakan dalam menentukan keuntungan perusahaan, yang terkadang dapat berupa kerugian. Tujuan penghitungan laba bersih adalah untuk menentukan apakah perusahaan itu menguntungkan atau tidak.

Beda Laba Bersih Dan Laba Kotor — Nah, itulah tadi pengertian, perbedaan dan tujuan dari laba kotor dan laba bersih. Dengan mengetahui hal seperti ini, kami berharap anda lebih sadar akan akuntansi dan bisa mengubah pandangan anda selama ini mengenai kedua jenis laba tersebut. Jika anda tertarik dan ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.