Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

BEDA BERBISNIS SECARA ONLINE DAN OFFLINE

Beda berbisnis secara onlilne dan offline

Beda berbisnis secara onlilne dan offline. Hub: Firdaus 081703354372

Beda berbisnis secara onlilne dan offline.

Diera modern ini bisnis semakin berkembang pesat yang awalnya perusaaan dengan bisnis offline, maka saat ini mendapatkan saingan dari bisnis online. Banyak kendala yang menyebabkan bisnis online semakin berkembang diantaranya adalah berkaitan dengan modal yang dibutuhkan sangat besar terutama adalah tempat usaha ataupun gudang. Selain itu juga sulit dalam mencari lapangan pekerjaan yang dibutuhkan keahlian dan ketrampilan khusus berkaitan dengan bisnis usahanya. Tentunya juga berkaitan dengan modal yang banyak sebagian orang beranggapan untuk memulai bisnis baru membutuhkan modal yang besar.

Diera sekarang bisnis online merupakan saingan utama bagi usaha bisnis offline. Dengan segala kemudahan yang didapat banyak pengusaha muda dan pemula mencoba untuk merambah bisnis secara online.

Berikut beberapa perbedaan bisnis secara offline dan online

1.Modal

Modal faktor utama yang menjadi penentu dalam bembangun sebuah bisnis.

Bisnis Offline dibutuhkan modal yang besar hal ini untuk kebutuhan kantor sebagai tempat kantor pemasara dan gudang untuk menyimpan stok persediaan, tentunya tidak hanya gedung perangkat lainnya untuk melengkapi kantor akan membutuhkan biaya yang besar.

Bisnis online dibutuhkan hanya modal awal yang tidak besar karena dari sisi gedung kebanyaan dikerjakan dirumahan dan ruang kecil untuk proses pengepakan dankelengkapan lainnya. Apalagi hanya sebagai reseller tidak membutuhkan tempat yang besar untuk stok. Biaya yang besar bisa jadi kebutuhan untuk pembuatan website bahkan bisa dibuat sendiri secara gratis.

2.Area Pemasaran

Bisnis Offline. Area pemasaran untuk bisnis online lebih sempit karena biasanya hanya untuk kebutuhan pasar sekitar kantor dan lebih mudah dijangkau dengan jalan darat.

Bisnis Online. Area pemasarannya lebih luas karena bisa menjangkau wilayah yang jauh seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke Luar Negeri, karena memanfaatkan internet sebagai modal utama untuk melakukan perluasan pemasarannya.

3.Strategi Pemasaran

Bisnis offline dibutuhkan strategi pemasaran yangbenar benar matang mulai menyiapkan salesman, brosur, iklan agar produk yang dipasarkan banyak dikenal pelanggan.

Bisnis Online tidak terlalu membutuhkan strategi khusus dalam pemasaran hanya memaksimalkan media sosial dalam memasarkan produknya. Dibutuhkan strategi khusus dengan cara melakukan promosi atau iklan melalui media sosial yang digunakan untuk pemasarannya.

4.Cara Penjualan

Bisnis offline pihak pelanggan melakukan transaksi harus datang ke kantor atau bisa melalui salesman yang datang langsung ke pelanggan dengan cara pembayaran secara tunai, giro atau transfer.

Bisnis online pihak pelanggan tidak perlu bertemu langsung dengan penjualan, melalui media sosial atau marketplace langsung bertransaksi dan pembayaran hanya melalui transfer, selesai ditransfer barang diproses kirim kepihak pelanggan.

Itulah sedikit perbedaan bagaimana bisnis secara offline maupun binis secara online, tergantung dari para pelaku bisnis untuk melakukan bisnisnya yang offline ataupun online.

Namun ada beberapa kekurangan yang akan dihadapi pengusaha bisnis offline maupun bisnis online.

Berikut beberapa kekurangan bisnis offline dan bisnis online:

Bisnis Offline:

  1. Area pasar yang sempit karena hanya sebatas wilayah kantor ataupun sebatas area team salesman.
  2. Waktu terbatas jam kerja.
  3. Dibutuhkan karyawan yang memiliki ketrampilan khusus atas apa yang dipasarkan.
  4. Mencari sebanyak mungkin pelanggan pelanggan baru.

Binis Online:

  1. Kurangnya rasa percaya dari calon pelanggan karena tidak melihat langsung fisik yang akan dibelinya.
  2. Selalu mengikuti kebutuhan pasar atas barang apa yang banyak dicari pelanggan.
  3. Memiliki tidak hanya satu toko online sebagai strategi pemasaran.

Dari perbedaan cara berbisnis secara onlilne dan offline yang sudah dijabarkan diatas ada kelebihan dan kekurangan nya masing masing. Jangan takut untuk berbisnis, jadikanlah tekad yang kuat sesuai target untuk memulai berbisnis. Mau berbisnis secara offline ataupun bisnis secara online hal yang terpenting bagaimana kerja keras Anda untuk meraih hasil sesuai yang menjadi harapan.

Mau berbisnis secara off line ataupun bisnis secara online sama, atau bahkan bisa dikombinasi karena kebutuhan pasar yang semakin meluas, modal yang cukup dan ada tempat bisa dikombinasikan berbisnis secara offline dan online sebagai inovasi dalam berbisnis untuk mengembangkan perusahaan Anda untuk mendapatkan benefit yang lebih.

Dengan artikel ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi para pebisnis pemula atau pebisnis yang sudah lama untuk menentukan langkah bisnis yang akan diambil.

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :