Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Beberapa Modus Pencurian di Bisnis Retail dan Distribusi yang Sering Terjadi

pencurian

Beberapa Modus Pencurian Bisnis Retail dan Distribusi | Setiap anda membuka sebuah Usaha tentunya tidak lepas dari kendala dan hambatan. Tidak terkecuali diusaha Retail dan distribusi yang memiliki Perputaran aktifitas yang cukup padat. Salah satu hal yang harus anda waspadai adalah Adanya Tindakan Pencurian dan kecurangan yang sering terjadi dan jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat usaha anda merugi dan bahkan sampai gulung Tikar. Apa saja Biasanya modus pencurian di Bisnis Retail dan distribusi ? Yuk simak selengkapnya. 

penyebab pencurian dan kecurangan

  • Sistem yang belum tepat menyebabkan banyak cela di setiap bagian
  • Adanya Niat buruk dari Perorangan maupun kelompok
  • Kurang adanya kontrol dan pengawasan dalam menjalankan usaha
  • Manajemen Bisnis yang buruk

Modus Pencurian yang sering terjadi

Penggelapan Barang Dagangan

Stock barang anda sering hilang tanpa ada informasi transaksi yang jelas ? Hal ini mungkin menjadi salah satu indikasi adanya pencurian di bisnis dan usaha anda. Modus pencurian bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Usaha Retail/ distribusi biasanya akan mendisplay beberapa barang dagangan di Toko. Hal ini menyebabkan Stock atau barang tersebut rentan Hilang karena Penggelapan baik dilakukan oknum dari orang dalam maupun luar. Anda harus senantiasa memonitor Stock barang anda dan melakukan stock opname secara Rutin.

Manipulasi Nota Penjualan/ Pembelian

Banyak Cela yang bisa dijadikan peluang oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk memanipulasi Transaksi Nota baik itu Penjualan atau Pembelian. Biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengganti nominal Harga ataupun kuantiti barang untuk mengambil keuntungan pada setiap transaksi tertentu. Jika tidak disadari pelaku akan melakukan secara terusmenerus dan tanpa jera dan anda akan semakin susah mendeteksi kecurangan ini. Tentunya anda harus memiliki sebuah sistem yang dapat mengunci akses dari pihak lain untuk mencgah adanya manipulasi tersebut.

Pencurian data- data penting

Data- data penting Seperti data keuangan dan surat-surat  perusahaan merupakan data yang harus dijaga dan disimpan baik- baik oleh orang yang tepat. Namun kurangnya pengawasan dan kontrol akan membuat adanya pencurian berkas- berkas tersebut untuk kepentingan penyalahgunaan.  Kenyataannya banyak sekali alasan yang dilakukan oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab yang ternyata berasal dari orang dalam usaha nya sendiri dengan / tanpa melibatkan pihak luar.

Penggelapan asset perusahaan

Asset perusahaan juga penting untuk anda jaga dengan baik. Pasalnya Adanya banyak asset yang tersimpan dapat menyabebkan kerusakan dan kehilangan asset. sangat diperlukan untuk melakukan manajemen asset yang tepat. Penggelapan Asset perusahaan juga bukan hal yang tidak mungkin terjadi . Anda harus rutin memelihara asset anda dan melakukan manajemen resiko atas asset tersebut.

Penggelapan Uang Usaha

Adanya Penggelapan uang di suatu usaha atau bisnis akan mempersulit keadaan bisnis dan dapat membuat usaha anda menjadi terpuruk. Adanya penurunan kondisi keuangan tanpa informasi pencatatan yang jelas tentu menimbulkan kecurigaan. Hal ini akan sangat merugikan dan mempengaruhi peputaran arus kas pada bisnis anda.

Demikian Artikel tentang Beberapa Modus Pencurian Bisnis Retail dan Distribusi. Semoga Bermanfaat untuk anda.