Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Beberapa Hal yang Harus diwaspadai Para Pengusaha di Era New Normal

Pengusaha Era New Normal

Isu mengenai kebijakan New Normal yang akan diberlakukan di Indonesia semakin merebak di berbagai Media informasi. Tentunya terdapat Pro dan Kontra terkait kondisi Penerapan New Normal untuk saat ini. Seperti yang kita semua ketahui, Dampak yang ditimbulkan Oleh Pandemi Virus Corona semakin meluas di berbagai Sektor, khususnya Sektor Ekonomi. dan Saat ini Kondisi New Normal digadang- gadang dapat dijadikan sebagai Solusi untuk kembali meningkatkan Sektor perekonomian Negara. Sebagai Para Pengusaha, Anda juga harus bersiap pada situasi yang akan terjadi didepan. Berikut beberapa Hal yang harus anda wasapadai setelah penerapan New Normal diberlakukan beserta tips untuk tetap mempertahankan bisnis dalam situasi Pandemi. 

New Normal

Aturan Penerapan Protokol Kesehatan yang lebih ketat

Hal paling utama yang perlu diperhatikan dengan berlakunya Kondisi normal baru adalah penerapan aturan baru yang lebih ketat mengenai Protokol kebersihan dan kesehatan Tenaga Kerja. Hal ini dilakukan demi mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19. Beberapa langkah preventif yang dapat dilakukan antara lain :

  • Memperhitungkan Jumlah Pegawai yang ada di perusahaan untuk penerapan Phisycal distancing
  • Mengedukasi mengenai prosedur Gaya Hidup baru yang lebih sehat melalui penyediaan Handsanitizer, Sarana Cuci tangan , Masker, etika batuk, dsb
  • Menurunkan dan membatasi intensitas pertemuan dengan Customer secara langsung dan mengganti melalui daring/ Media Online
  • Tetap mengupdate Perkembangan Informasi dari pemerintah melalui sumber yang aktual dan terpercaya

pANGSA PASAR MENURUN AKIBAT LEMAHNYA DAYA BELI MASYARAKAT

Harus disadari bahwa banyaknya PHK dan kekhawatiran Ekonomi perusahaan berdampak pada melemahnya daya beli masyarakat umum. Dan pada Era New normal, tidak serta merta memulihkan daya beli masyarakat secara cepat. Kini bahkan masyarakat semakin Cerdas dalam memilah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjaga stabilitas keuangan ditengah Pandemi yang belum diketahui ujungnya. hal ini dapat menyebabkan perubahan Pola konsumsi dalam masyarakat. Para Pelaku Usaha harus menemukan Langkah strategis dalam membaca peluang yang ada. Tips untuk anda sebagai pengusaha adalah sbb :

  • Meninjau ulang Strategi Pemasaran yang telah berjalan
  • Mengamati Pangsa Pasar mana yang paling terdampak dan tidak terdampak
  • Melakukan inovasi untuk menghadapi permintaan konsumen yang berubah
  • Memungkinkan adanya kerjasama yang lebih efektif dengan semua stakeholder yang ada

bIAYA OPERASIONAL YANG TERUS BERJALAN

Jika Penerapan New Normal diberlakukan dengan alasan untuk kembali mendorong pertumbuhan ekonomi, maka harus diperhatikan oleh para pengusaha mengenai Kondisi Keuangan perusahaan.  Pangsa Pasar yang menurun akan menyebabkan Pemasukan juga akan menurun sedangkan Biaya Operasional seperti Pembelian Bahan baku, Gaji tenaga kerja dan biaya lain penunjang kegiatan bisnis masih terus berjalan. Terkait hal ini, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan :

  • Menekan Pengeluaran seoptimal mungkin dengan membuat skala prioritas dari terendah sampai tertinggi
  • Mendorong Penjualan dengan memperkuat Promosi dan branding yang lebih maksimal
  • Meninjau ulang terkait Target jangka pendek dan jangka panjang yang dimiliki perusahaan

Adanya Revolusi TEKNOLOGI DIGITAL

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi para pelaku usaha. Perubahan Aktifitas  Selama Pandemi Covid 19 menyebabkan adanya Perubahan Behavior masyarakat secara luas. Hal ini berkaitan dengan peralihan kebutuhan akan Teknologi digital yang semakin besar. Khususnya di lingkup perusahaan. Beberapa langkah yang dapat anda ambil :

  • Memaksimalkan Teknologi yang ada di perusahaan
  • Membuat Sistem Informasi manajemen berbasis Software terintegrasi
  • Menambah Jaringan Penjualan melalui media e-commerce dan marketplace yang tersedia

Demikianlah Pembahasan Artikel kali ini, situasi New Normal tentunya jangan membuat kita lengah terhadap Pandemi yang masih terjadi di negara kita. Selain tetap Menjaga Kesehatan dan kebersihan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid 19 kita semua juga harus ikut berupaya untuk kembali meningkatkan perekonomian negara. Itulah sebabnya perlu langkah- langkah yang strategis dan preventif untuk menjalankan keduanya secara bersamaan. Semoga Pandemi ini cepat berakhir dan kita dapat terus melakukan aktifitas dan kreatifitas tanpa batas. 

Pengusaha Era New Normal , pengusaha era new normal