Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Penyebab Perusahaan Pailit

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Definisi pailit atau bangkrut menurut Black’s Law Dictionary adalah seorang pedagang yang bersembunyi atau melakukan tindakan tertentu yang cenderung mengelabuhi pihak kreditornya. Sementara itu, dalam Pasal 1 butir 1, kepailitan adalah sita umum atas semua kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesannya dilakukan oleh kurator di bawah pengawasan hakim pengawas sebagaimana diatur dalam undang – undang ini. Pasal 1 butir 4, debitor pailit adalah debitor yang dinyatakan pailit dengan keputusan pengadilan. (Wikipedia)

Bisa dikatakan Perusahaan yang telah dinyatakan pailit adalah perusahaan yang sudah bangkrut dikarenakan tidak dapat memenuhi kewajiban hutangnya dan membuat perusahaan memiliki masalah yang berturut-turut. Setiap Bisnis dan Perusahaan tentunya tidak menginginkan bisnis nya sampai berada dalam kondisi Pailit atau bangkrut. Oleh karena itu kita perlu tau Penyebab Perusahaan menjadi pailit dan berusaha untuk menghindari hal tersebut.

faktor penyebab perusahaan pailit

tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen

Sebuah Bisnis harus mampu untuk menangkap dan memenuhi kebutuhan pasar maupun konsumen. Hal ini bertujuan agar produk yang anda hasilkan dapat terus digunakan oleh para konsumen anda.  Anda harus mampu menganalisis Tingkat penjualan pada setiap masing- masing produk tertentu yang paling diminati. Selain itu Penting untuk mengelolah ketersediaan barang yang akan anda jual agar tidak sampai membuat stock kosong pada saat Konsumen membutuhkan. Jika dibaikan maka hal ini dapat mengakibatkan merosot nya tingkat penjualan produk secara terus menerus dan menjadi salah satu penyebab Perusahaan menjadi pailit. 

kegiatan operasional tidak terkontrol dengan baik

Tidak selalu tentang pasar dan konsumen, Manajemen Operasionan di lingkungan internal perusahaan juga penting untuk dijaga. Sebuah perusahaan harus memiliki Standard sistem yang baik agar kinerja dan produktifitas tim bisa meningkat. SOP yang jelas akan membantu anda dan tim anda untuk melaksanakan kewajiban dengan tujuan bersama. Tidak memiliki komunikasi dan informasi yang terintegrasi dapat mengakibatkan perusahaan kesulitan dalam menghadapi proses bisnis yang berjalan setiap waktunya dan tentunya akan berpengaruh pada kepailitan perusahaan. 

mengabaikan inovasi produk

Perilaku pasar dan permintaan konsumen sering berubah seiring dengan perkembangan jaman dan kondisi yang sedang terjadi. Hal ini menyebabkan Persaingan bisnis semakin ketat. Jika anda tidak jeli menangkap peluang yang ada maka bisa dipastikan anda akan berjalan lebih lambat dari kompetitor anda. Sekecil apapun sebuah peluang hal itu tentu dapat meningkatkan dan mengembankan bisnis anda. Lakukan sebuah Inovasi- Inovasi produk, Promosi, dan layanan untuk memperkuat serta memperluas jangkauan pemasaran anda. hal ini dapat menghindari adanya ancaman kepailitan perusahaan. 

manajemen keuangan yang buruk

Keuangan merupakan urusan yang sangat krusial dan harus diperhatikan secara serius. Perusahaan yang mengalami ketidakstabilan modal yang salah satu disebabkan hutang piutang yang terlalu besar bisa dikatakan memiliki Manajemen Keuangan yang buruk.  Hal ini jika dibiarkan berlanjut Akibatnya Bisnis akan memperoleh keuntungan yang semakin semakin minim, bahkan mengalami kerugian secara terus-menerus. Dalam jangka panjang, perusahaan bisa pailit dan menutup bisnisnya selamanya.

Tidak melakukan EVALUASI BISNIS

Evaluasi Bisnis merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap bisnis maupun perusahaan secara rutin. Evaluasi ini meliputi semua kegiatan bisnis mulai dari strategi, Tingkat pemasaran dan Penjualan, Hutang Piutang dan Laporan keuangan lainnya, serta efektivitas Kinerja Pegawai secara keseluruhan. Bisa dibayangkan jika Bisnis anda sama sekali tidak pernah melakukan evaluasi. Maka anda akan kesulitan menemukan titik permasalahan, kendala, dan hambatan yang terjadi. Sekecil apapun kesalahan dan kendala yang terjadi, jika terus berlanjut pasti akan menyebabkan Hambatan yang besar bagi sebuah perusahaan. Pada akhirnya, hambatan tersebut menjadi salah satu faktor penyebab Perusahaan pailit.

Demikian Atikel tentang Faktor Penyebab Perusahaan Pailit. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi. 

Sampai Jumpa di artikel selanjutnya..