Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Alur Penjualan dan Pembelian pada Software Akuntansi ACCURATE |Hub. Eka 082232747689

Alur Penjualan Pembelian Accurate

Dalam suatu perusahaan, Kegiatan rutin yang pasti dilakukan adalah kegiatan yang berkaitan dengan penjualan dan pembelian. Pada Aktifitas jual beli, anda wajib mencatat semua hal yang berkaitan dengan perdagangan anda agar dapat memudahkan anda memantau dan mengecek histori transaksi anda. apa saja biasanya perlu dicatat ?

  1. Surat Penawaran 
  2. Surat Pesanan
  3. Pengiriman dan penerimaan barang 
  4. Invoice Penjualan/ Pembelian 
  5. Pelunasan 

5 poin diatas adalah pencatatan paling umum yang dibutuhkan suatu perusahaan. Lalu bagaimana penerapan di Accurate 5 Software ?

alur penjualan dan pembelian di accurate 5 software

ALUR PENJUALAN

alur penjualan pembelian accurate
Tampilan Modul Penjualan

Pada tampilan utama modul Penjualan, ada beberapa Fitur yang tersedia dari mulai Pencatatan penawaran penjualan, Pesanan Penjualan, pengiriman Pesanan, Invoice Penjualan, Penerimaan penjualan atau retur penjualan. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Fitur- Fitur yang ada di Modul Penjualan.

Penawaran Penjualan

Merupakan Sebuah Form yang berfungsi untuk mencatat penawaran / Sales Quotation. Form penawaran dapat di cetak dan dijadikan surat penawaran yang dapat diberikan ke pelanggan atau customer anda yang berisi informasi tentang Produk yang anda jual dan anda tawarkan. 

pESANAN PENJUALAN 

Fitur Pesanan Penjualan Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan pencatatan pesanan atas PO yang diterima dari customer. Dalam pencatatannya, barang yang dipesan bisa langsung diinput dengan mengisi form di fitur tersebut atau bisa juga ditarik langsung dengan mengambil dari file penawaran Penjualan yang pernah dibuat. 

Pengiriman Pesanan 

Fitur Pengiriman pesanan berfungsi untuk melakukan pencatatan aktivitas pengiriman barang yang sudah dipesan oleh customer. Dalam Penginputan data barangnya, bisa langsung mengisi form di pengiriman pesanan atau bisa juga anda mengambil file pada penawaran atau pesanan penjualan. Pada tahap ini Barang yang ada di sistem akan berkurang. 

Faktur Penjualan 

Fitur ini merupakan salah satu Fitur yang sangat penting. Pencatatan invoice merupakan form yang berisi tentang Tagihan yang akan anda berikan kepada customer atau pelanggan anda atas barang yang dibeli. Jika anda memasukkan data pada form ini, maka akan otomatis timbul piutang ata customer tersebut. 

Penerimaan Penjualan

Fitur ini merupakan salah satu Fitur yang digunakan untuk mencatat pelunasan yang dilakukan oleh pelanggan. pada tahap ini, Transaksi Customer dianggap telah lunas dan pendapatan anda akan bertambah. 

ALUR PEMBELIAN

alur penjualan pembelian accurate
Tampilan Modul Pembelian

Hampir sama dengan Alur Penjualan, di modul Pembelian juga ada beberapa fitur yang dapat anda gunakan semua ataupun anda skip sebagian. beberapa fitur tersebut antara lain Permintaan Pembelian, Pesanan Pembelian, Penerimaan barang, faktur Pembelian, Pembeyaran pembelian dan Retur Pembelian. Berikut adalah penjelasan singkat tentang fitur- fitur yang ada di Modul Pembelian : 

Permintaan Pembelian 

Pada Fitur ini, anda dapat menggunakan untuk keperluan internal perusahaan anda. Misalnya saja bagian Gudang anda meminta tim pembelian untuk membeli beberapa barang tertentu yang stocknya menipis. maka anda dapat menggunakan fitur Permintaan Pembelian 

PESANAN PEMBELIAN 

Fitur Pesanan Pembelian Merupakan fitur yang digunakan untuk membuat Pesanan Pembelian yang dapat anda berikan kepada Vendor anda. Dalam pencatatannya, barang yang dipesan bisa langsung diinput dengan mengisi form di fitur tersebut atau bisa juga ditarik langsung dengan mengambil dari file Permintaan Pembelian yang pernah dibuat. 

Penerimaan Barang 

Fitur Penerimaan Barang berfungsi untuk melakukan pencatatan aktivitas Penerimaan barang yang sudah dikirim oleh Vendor. Dalam Penginputan data barangnya, bisa langsung mengisi form di penerimaan barang atau bisa juga anda mengambil file pada Pesanan Pembelian atau Permintaan Pembelian. Pada tahap ini Barang yang ada di sistem akan bertambah secara otomatis.

Faktur Pembelian 

Sama hal nya dengan faktur Penjualan, Faktur pembelian juga merupakan form yang penting dalam transaksi jual beli. Faktur pembelian merupakan tagihan yang diberikan oleh vendor kepada anda. 

Pembayaran Pembelian 

Fitur ini merupakan salah satu Fitur yang digunakan untuk mencatat pelunasan yang dilakukan oleh pelanggan. pada tahap ini, Transaksi Customer dianggap telah lunas dan pendapatan anda akan bertambah. 

Alur Penjualan Pembelian Accurate

anda tertarik ?

atau Kontak Nomor dibawah ini :