Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Alasan Penyebab Perusahaan Pailit Yang Harus Diketahui

Alasan Penyebab Perusahaan Pailit Yang Harus Diketahui | seorang pebisnis yang memiliki bisnis / usaha pastinya tidak asing mendengar kata pailit. Keadaan pailit menjadi resiko dan potensi terjadi bagi siapa saja yang mengelola sebuah bisnis atau usaha. potensi pailit tidak hanya berlaku bagi pebisnis yang memiliki bisnis yang baru didirikan melainkan pebisnis yang memiliki bisnis yang telah lama berjalan Waupun Potensi resiko nya kecil

pailit merupakan suatu prosedur di mana seorang debitur yang mempunyai Masalah kesulitan keuangan untuk membayar hutangnya dinyatakan pailit oleh pengadilan, dikarenakan debitur tersebut tidak dapat melunasi utangnya, Harta debitur dapat diserahkan / dibagikan kepada para kreditur sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Syarat Pengajuan Perusahaan Dinyatakan Pailit

Syarat pengajuan perusahaan untuk dinyatakan pailit diatur dalam Pasal 2 ayat (1) UU No. 37 tahun 2004 tentang Kepailitian dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (UU Kepailitan)

  • Perusahaan Memiliki Adanya hutang
  • Terdapat kreditur (lebih dari satu kreditur)
  • diperoleh minimal satu hutang yang sudah jatuh tempo dan dapat ditagih
  • adanya debitur
  • Permohonan permintaan pernyataan pailit
  • adanya pernyataan pailit oleh pengadilan niaga

Alasan Penyebab Perusahaan Pailit Yang Harus Diketahui

  • Tidak Mampu Memahami Kebutuhan Konsumen / Pelanggan

di dalam persaingan bisnis permintaan produk sangat bervariasi, anda sebagai pebisnis dituntut ready to change untuk mampu dan memahami kebutuhan konsumen. agar produk anda diterima dan digunakan oleh konsumen. untuk memahami kebutuhan konsumen pebisnis dapat melakukan survey kepada pelanggan produk apa yang sedang menjadi tren mode di masyarakat sehingga anda dapat menyesuaikan produk anda bisa diminati oleh konsumen

  • Tidak Melakukan Pengembangan Inovasi Produk

di dalam dunia bisnis Pengembangan Inovasi produk sangat penting, apabila suatu perusahaan tidak melakukan inovasi produk mengakibatkan lama kelamaaan produk yang anda jual tidak diminati oleh konsumen karena adanya pengganti produk yang serupa yang mungkin lebih baik dari produk anda jual dan harga nya lebih murah. inovasi produk dan pengembangan produk berjalan berdampingan, semakin Perusahaan mengeluarkan inovasi, tentu perusahaan itu akan berkembang.

  • mengabaikan Pergerakan Kompetitor

Persaingan bisnis semakin hari akan semakin ketat. Ketika perusahaan sudah mengabaikan komptetitor, maka di saat yang sama, perusahaan tidak lagi bisa melakukan inovasi yang dipersiapkan untuk beradu dengan produk competitor di pasar. sehingga akan menyebabkan perusahaan kalah bersaing dan tertinggal jauh di belakang. dan pada akhirnya perusahaan akan merugi karena banyak konsumen yang beralih kepada kompetitor. Akhirnya, cepat atau lambat, perusahaan Anda tidak akan mampu lagi bertahan.

  • Terjerat hutang

terjerat hutang Penyebab utama pailitnya suatu perusahaan. terkadang perusahaan melakukan resiko meminjam hutang terlalu tinggi untuk mendanai ekspansi usaha / kegiatan operasional bisnis tanpa memperhatikan bagaimana cara membayar pengembaliannya.

  • Buruknya Manajemen Keuangan Perusahaan

buruknya Manajemen keuangan perusahaan merupakan faktor yang dapat menyebabkan perusahaan pailit, karena ketidakmampuan perusahaan membayar hutang. ketidak mampuan perusahaan membayar hutang diakibatkan karena ketidakseimbangan modal yang dimiliki perusahaan

Baca Juga :