Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Solusi Mengelola Persediaan Barang Dagang Di Usaha Anda

Solusi Mengelola Persediaan Barang Dagang Di Usaha Anda
Solusi Mengelola Persediaan Barang Dagang Di Usaha Anda

Accurate Solusi Mengelola Persediaan Barang Dagang Di Usaha Anda | Persediaan barang dagang termasuk aktiva lancar. Persediaan barang dagang adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan yang diperjual belikan kembali sehingga dapat mengambil keuntungan. Perusahaan tentunya akan memiliki pencatatan persediaan barang dagang secara akuntansi, penyimpanan persediaan barang dagang memiliki 2 metode, apa saja metodenya ?

Metode FIFO kepanjang dari Fifo adalah first in first out yang memiliki arti persediaan yang datang pertama yang diterima oleh perusahaan, maka akan keluar atau digunakan pertama oleh perusahaan itu sendiri.

Metode AVERAGE atau dikenal dengan metode rata rata. Tujuan metode rata rata adalah membagi antara biaya barang yang tersedia untuk dijual dengan jumlah unit yang tersedia. Metode average merupakan titik tengah atau perpaduan dari metode FIFO dan LIFO.

Sebenarnya ada juga Metode LIFO, tetapi saat ini saya tidak menjelaskan mengenai motode ini. Karena menurut Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan atau dikenal PSAK di indonesia hanya mengakui 2 motode saja yaitu FIFO dan AVERAGE.

Ada beberapa kasus yang dialami perusahaan secara internal karena adanya kelalaian untuk melakukan kontrol pada persediaan barang dagang, berikut kasus yang sering terjadi :

  1. Tidak memperhatikan kadaluarsa barang, biasanya barang yang memiliki kadaluarsa seperti makanan, minuman, dan make up.
  2. Tidak adanya kontrol dengan barang yang masuk terlebih dahulu dan yang terakir. Sehingga jika barang tersebut memiliki kadar peenyusutan dalam satuan maka dapat merugikan perusahaan.
  3. Tidak cepat untuk mengeluarkan barang yang sering laku, sehingga barang tidak pernah keluar dari gudang. Ini akan menjadi resiko karena barang bisa jadi menumpuk digudang dan dipasar sudah tidak laku. Jadi harus dilakukan cara yaitu penyusutan barang. Tetapi ini kembali dari kebijakan setiap perusahaan.

Masalah – masalah yang diatas semua ini pernah dialami oleh setiap perusahaan, dikarenakan tidak mengerti sistem manajemen persediaan barang dangang. Yang paling penting untuk mengelola barang di gudang, karena ini hal utama untuk sistem manajemen persediaan.

  • Penyimpanan Rapi Digudang : Simpan persediaan barang dagang anda dengan rapi sehingga dapat memudahkan dalam pengambilang barang.
  • Barang Baru dan Lama : Pisahkan persediaan barang dagang anda yang terlebih dulu masuk dan yang terakir. Sehingga menghindari barang yang akan rusak.
  • Stok Opname : Rutin melakukan stok opname untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Seperti kecurian / kehilangan persediaan barang dagang.
  • Barcode atau Kode Barang : Perlu adanya pengkodean disetiap barang agar memudahakan untuk pencatatan secara manual / sistem.
  • Memiliki Aplikasi Stok Barang Dagang : Mengelola persediaan barang dagang yang banyak dan mencapai ribuan tidaklah mudah untuk melakukan kontrol.
  • Pekerjakan Pegawai yang Mahir : Memiliki pegawai yang mahir dalam bidang penyimpanan barang digudang, sangatlah diperlukan tidak hanyak bisa mengatur lokasi posisi melainkan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan anda.

Berikut beberapa solusi dari Accurate Software untuk masalah – masalah yang dialami oleh semua perusahaan :

  1. Accurate Software memiliki Metode FIFO dan AVERAGE.
  2. Accurate Software memiliki Fitur Serial Number, Batch Number dan Expired Date.
  3. Accurate Software memiliki Fitur Pengingat Persediaan.
  4. Accurate Software memiliki Fitur Penyesuaian Persediaan.
  5. Accurate Software memiliki Fitur Gudang dan Pindah Barang antar gudang.

Bila Bapak dan Ibu ingin mengetahui detail mengenai Accurate Software dan Konsultasi mengenai Kontrol Persediaan secara internal. Jangan ragu untuk menghubungi Dekky di nomor 0817378583 atau bisa langsung mengisi Formulir Permintaan Presentasi.

Dekky Tendean

Baca Artikel Menarik Lainnya :