Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Accurate 5 Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur | Hub : Radit – 08563401097

Software akuntansi perusahaan manufaktur
Software akuntansi perusahaan manufaktur

Accurate 5 Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur | Kata manufaktur berasal dari bahasa Latin manus factus yang berarti dibuat dengan tangan. Kata manufacture muncul pertama kali tahun 1576, dan kata manufacturing muncul tahun 1683. Manufaktur, dalam arti yang paling luas, adalah proses merubah bahan baku menjadi produk.


Pengertian Manufaktur adalah sebuah istilah untuk menyebut proses pengubahan bahan baku, komponen, atau bagian – bagian (parts) menjadi barang jadi yang memenuhi harapan atau spesifikasi pelanggan.

Karakteristik yang membedakan antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang adalah :

Pengolahan Material dan Hasil Produksi

Berbeda dengan perusahaan dagang yang hanya menjual barang dari pemasok, perusahaan manufaktur menitikberatkan pada proses pengolahan bahan-bahan mentah menjadi produk jadi.

Hasil dari proses produksi dan bahan baku perusahaan manufaktur dapat dilihat oleh mata atau produknya memiliki wujud.

Terdapat Biaya Produksi

Biaya Produksi yang dikeluarkan biasanya terdiri dari 3 elemen biaya, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik (BOP).

Elemen-Elemen Biaya Produksi

Dalam melakukan proses produksi supaya menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual, perusahaan manufaktur akan mengeluarkan berbagai macam biaya, yang dimana biaya tersebut digunakan untuk:

  • Biaya Bahan Baku ( Bahan Baku Langsung & Tidak Langsung)
  • Biaya Tenaga Kerja ( Biaya Tenaga Kerja Langsung & Tidak Langsung)
  • Biaya Over Head Pabrik ( biaya yang muncul karena adanya akibat pemakaian bahan penolong atau biaya tidak langsung lainnya.)

Pada Perusahaan manufaktur, biasanya Biaya Produksi yang digunakan mengacu pada Standard Costing Standard Costing merupakan pembiayaan produksi dengan menggunakan patokan harga beli yang berbeda dengan harga pokok penjualan awal. Harga yang menjadi patokan saat proses produksi adalah harga yang sudah distandard kan. Hal ini dikarenakan beberapa alasan sbb :

  • Kendala perhitungan HPP dikarenakan Produksi massal yang terus menerus berjalan
  • Harga beli bahan baku dipasaran mengalami fluktuasi yang cepat 
  • Perputaran Arus keluar masuk Barang yang terjadi sangat cepat 

Beberapa alasan tsb memungkinkan Kesulitan untuk mengelola dan mengontrol Persediaan Bahan Baku, Bahan Pembantu , Bahan Penolong dan Barang Jadi.

Proses perhitungan Biaya Produksi yang cukup rumit membuat pekerjaan semakin membutuhkan waktu yang lama. Solusi nya anda bisa mempertimbangkan menggunakan Software Akuntansi Perusahaan yang dapat membantu anda mempersingkat waktu pekerjaan anda.

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi/Manufaktur, yang cara kerjanya masih secara manual tentu membutuhkan suatu sistem Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur yang akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan tersebut.dalam hal ini penulis merekomendasikan Accurate 5 Software perusahaan Enterprise. Accurate 5 Software Perusahaan Enterprise memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau.

Accurate Accounting Software ver. 5 Enterprise Edition merupakan software akuntansi yang diperuntukan bagi Anda Pebisnis yang bergerak di bidang usaha manufaktur atau pabrikasi massal. Berpedoman pada akuntansi biaya untuk perhitungan HPP Produksinya, Accurate Accounting Software ver. 5 Enterprise menggunakan perhitungan standart costing untuk penetapan HPP Produksi setiap barang yang diproduksi. 

Accurate Accounting Software ver. 5 Enterprise Edition memiliki 6 modul utama dan fitur yang sama dengan Accurate Accounting Software ver. 5 Standart Edition dan Deluxe Edition namun memiliki tambahan modul Manufaktur atau Pabrikasi Massal

Alur Produksi di Accurate Accounting Software ver. 5 Enterprise Edition :

  • Penetapan nilai Standart ( Standart Costing) untuk material dan tenaga kerja
  • Pembuatan Bill Of Material ( BOM )
  • Pembuatan Work Order ( Surat Perintah Kerja
  • Pengeluaran Bahan Baku dan Pembayaran Tenaga Kerja
  • Penyelesaian Produksi 

Laporan – Laporan yang dihasilkan Accurate 5 Sotware Akuntansi Perusahaan Enterprise :

Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Accurate 5 Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur dan penerapannya di perusahaan anda

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI

This image has an empty alt attribute; its file name is WA-1.jpg

HUBUNGI SAYA

Baca Juga :

PRICE LIST HARGA ACCURATE VER 5

SUPPORT & MAINTENANCE ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE

KANTOR PENJUALAN ACCURATE

FREE DEMO ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE

FREE TRIAL ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE

PENERAPAN ACCURATE 5 SOTWARE AKUNTANSI TERBAIK BISNIS BAKERY ( TOKO ROTI)