Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips Sederhana Cara Mengatur Persediaan Barang Dagang Usaha

5 Tips Sederhana Cara Mengatur Persediaan Barang Dagang Usaha
Tips Mengatur Persediaan Barang

Tips Mengatur Persediaan Barang |Dalam menjalankan sebuah bisnis, manajemen persediaan adalah hal penting yang harus diperhatikan pengusaha. Persediaan barang yang harus diperhatikan pengusaha bukan hanya persediaan yang dapat dilihat oleh pelanggan atau yang tersedia di toko, tapi juga persediaan barang yang ada di gudang. 

Gudang dirancang agar bisa membantu pencapaian target tingkat pelayanan baik dengan total biaya paling rendah. Gudang juga menjadi sebuah sistem logistik dari sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan juga menyediakan informasi mengenai stok gudang, status serta kondisi produk disimpan sampai barang tersebut diminta sesuai dengan jadwal produksi.

Sederhanya, manajemen barang di gudang adalah tempat menerima, menyimpan, dan mengeluarkan barang dari suatu perusahaan. Namun, bukan berarti hal tersebut bisa dengan mudahnya dilakukan. Ada beberapa tips khusus yang perlu diperhatikan agar manajemen barang di gudang bisa dilakukan secara terencana, caranya sebagai berikut :

Mempersiapkan Daftar dan Stok Yang Akurat

Ketika pelanggan mencari produk yang dibutuhkan, mereka tidak ingin menunggu terlalu lama. Oleh karena itu, Anda harus memiliki daftar stok barang yang dilengkapi dengan jumlah yang tersedia. Dengan pencatatan secara real-time dari software akuntansi ACCURATE 5, Anda akan mendapatkan informasi persediaan barang yang tersedia maupun yang sudah akan habis secara cepat dan tepat.

Membuat Forecast Persedian

Selanjutnya Anda harus membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang berupa berapa jumlah persediaan barang dibutuhkan pada periode ini. Hal ini bukan tahap yang mudah jika Anda memiliki produk dengan jenis bermacam-macam. Hal tersebut menjadi sulit karena dalam langkah ini Anda harus menentukan jumlah per item. Perhitungan ini akan menjadi mudah jika dibantu sebuah sistem manajemen penjualan dan inventaris yang terpadu. Dalam manajemen gudang, Anda harus membuat sebuah jadwal mengenai persediaan barang.

Berikan Kode Di Setiap Barang

5 Tips Sederhana Cara Mengatur Persediaan Barang Dagang Usaha

Pemberian kode pada setiap barang akan membantu pengelola ketika melakukan penjualan barang. Sehingga Anda dan para pelanggan tidak bingung ketika melakukan transaksi. Jika barang-barangnya tidak diberikan kode, maka transaksi yang dilakukan pun akan terasa lebih sulit dan dapat mengurangi citra perusahaan dimata para pelanggan. Selain itu juga, ternyata kode ini juga akan membantu dalam penataan barang di gudang.

Membuat Jadwal Persedian dan Budgeting Persedian

Buatlah jadwal pembelian kepada supplier sehingga memudahkan Anda dalam mengerjakan forecast dll. Dan akan lebih enak lagi jika jadwal penerimaan barang ini juga Anda atur, tentunya ini akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan Anda dan tinggal menghitung, sudah menghabiskan uang berapa. Misalkan ada pertanyaan “kenapa tidak di awal menghitungnya? Kalau diletakkan diawal, nanti tidak sesuai dengan kebutuhan pemasaran. Tapi Anda tetap bisa mengotak-atik  penyesuaian pada step ini, supaya bisa sesuai dengan budget yang ada.

Lakukan Pencatatan Rutin

Pencatatan ini dilakukan setiap ada barang masuk, pindah tempat dan barang keluar. Anda bisa melakukan stok opname secara berkala sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Stok opname merupakan proses berkala, dilakukan untuk menghitung fisik barang dagang dan persediaan yang sebenarnya dimiliki oleh sebuah bisnis, kemudian hasilnya dibandingkan dengan jumlah dalam catatan persediaan.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ACCURATE 5 di ACCURATE BUSINESS CENTER atau Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga