Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips Menjaga Arus Kas Bisnis Secara Efektif

arus kas

5 Tips Menjaga Arus Kas Bisnis Secara Efektif | Apa Itu Cash Flow ? Atau anda lebih sering mendengar Istilah Arus Kas ? Yap ! Cash Flow atau Arus kas merupakan kenaikan atau penurunan jumlah dana yang dimiliki Oleh Suatu bisnis maupun Perorangan. Dalam Akuntansi sering dikenal Laporan Arus Kas, yang mana Laporan arus kas akan menunjukkan informasi rinci yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan pada periode tertentu, baik itu transaksi Penerimaan atau Pengeluaran. Informasi tersebut disusun secara sistematis berdasarkan waktu dan tanggal terjadinya transaksi. 

alasan arus kas penting untuk bisnis

  • Untuk menunjukkan Posisi keuangan Perusahaan 
  • Menjaga Kontrol Hutang Piutang yang beredar 
  • Bahan Pertimbangan Untuk Membuat Kebijakan dan mengambil keputusan 
  • Menjaga Eksistensi Bisnis 
  • dan masih banyak lagi 
Lalu bagaimana sebaiknya Anda menjaga Arus kas bisnis anda agar tetap Lancar ? Yuk Simak Tips dibawah ini. 

Bayar dan kirim tagihan tepat waktu

Anda ingin arus kas anda Sehat ? Hal utama yang perlu anda pastikan adalah kelancaran pembayaran dan penerimaan keuangan anda. Dalam transaksi jual beli, terjadi nya hutang piutang sangat lumrah. Namun jika anda lalai maka hal ini dapat menjadi hambatan besar karena berpengaruh langsung pada aliran kas bisnis anda. Semisal anda lupa menagih piutang pelanggan, tidak hanya 1 namun beberapa pelanggan, maka dapat dipastikan pemasukan keuangan menjadi sedikit. belum lagi anda harus melunasi hutang kepada supplier, Jika tidak dilunasi tepat waktu bisa saja akan mengganggu hubungan baik anda dengan supplier yang bisa berdampak pada pemotongan jangka pembayaran hutang dsb. 

Untuk itu, pastikan anda memiliiki data yang lengkap mengenai jatuh tempo pembayaran Hutang maupun piutang anda. Buatlah pengingat beberapa hari sebelum jatuh tempo untuk mengambil tindakan pembayaran pada hutang atau mengingatkan tagihan piutang pelanggan anda. 

Meningkatkan volume penjualan

Tips ke dua adalah Meningkatkan Volume Penjualan. Yap ! Tentu saja, Tidak hanya berurusan dengan Arus Kas, Meningkatkan penjualan memang menjadi target utama seorang pebisnis bukan ? Namun seringkali kita tidak menyadari, Terlalu tergiur dengan Untung yang besar membuat kita lupa akan aliran dana kas kita. Ingatlah bahwa Semakin besar piutang pelanggan juga semakin beresiko untuk pemasukkan kas anda. Memperbanyak volume penjualan di berbagai macam tipe customer dapat membantu pemasukkan aliran kas berjalan lancar. 

Untuk meningkatkan minat beli customer, Anda dapat menawarkan beberapa pilihan seperti harga yang menarik, Memberi Diskon, Menjual harga Bundling, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dengan maksud menembak semua kalangan konsumen untuk membeli produk anda. 

buat perencanaan anggaran

Perencanaan Anggaran tentu tidak kalah pentingnya. Membuat Perencanaan Anggaran akan menuntun bisnis anda untuk berjalan sesuai dengan target dan tujuan yang jelas. Hal ini berkaitan dengan Rencana Keuangan untuk beberapa Periode kedepan misalnya. Dengan melihat data berjalan tentu anda dapat membuat estimasi perencanaan keluaran biaya yang akan terpakai maupun pendapatan yang akan masuk. 

Anda harus memiliki data yang lengkap mengenai transaksi di operasional perusahaan anda. Mulai dari transaksi Jual beli maupun transaksi BKK dan BKM. Untuk itu, mulailah melakukan pencatatan dan pembukuan yang Rapi. agar catatan tersebut dapat dijadikan referensi mengenai kebijakan perencanaan Anggaran.  

manajemen persediaan

Mengapa Manejemn Persediaan ? Apakah ada hubungannya dengan Arus Kas ? Tentu ! Mari kita bahas lebih lanjut. Manajemen Persediaan didalamnya terdapat aktifitas mengelolah stock, menghitung biaya produksi, melakukan stock opname dan lain sebagainya. Sedangkan stock sendiri sangat erat kaitanya dengan Transaksi dagang pada usaha kita. Penting bagi anda untuk selalu mengetahui mana stock yang akan habis, mana stock yang masih menumpuk. dengan begitu anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk melakukan Reorder ke supplier maupun Mendorong penjualan ke customer. 

Pastikan anda mencatat semua mutasi keluar masuk barang. Melakukan Stock Opname secara Rutin, dan melakukan pembukuan untuk memastikan tidak ada barang atau stock yang kurang atau lebih digudang. 

buat laporan arus kas secara rutin

Yang Terakhir, Jangan lupa untuk membuat Laporan Arus kas anda secara berkala. dalam Akuntansi, Laporan Arus kas merupakan salah satu laporan keuangan utama yang sebaiknya harus anda miliki. Ini berarti Laporan Arus kas merupakan poin yang sangat penting bagi bisnis anda. Untuk itu Pastikan anda memiliki data- data yang cukup jelas untuk selanjutnya diolah menjadi Laporan Arus kas. 

Selain itu anda juga tentunya harus memiliki laporan keuangan lain yang tidak kalah penting seperti Neraca, Laba Rugi dan Perubahan Modal. Yuk Gunakan Pembukuan yang Rapi dan Benar agar Bisnis anda dapat berjalan dengan Lancar, Jika ada hambatan, Pembukuan dan laporan lainnya dapat anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja operasional anda. dengan Begitu anda dapat mudah menemukan masalah dan solusi yang tepat untuk bisnis anda lebih baik. 

Demikian Artikel mengenai 5 Tips Menjaga Arus Kas Bisnis Secara Eektif, Semoga dapat menjadi Insirasi dan bermanfaat bagi anda. Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya.