Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips Manajemen Persediaan Di Bisnis Food And Beverage

5 Tips Manajemen Persediaan Di Bisnis Food And Beverage
5 Tips Manajemen Persediaan

5 Tips Manajemen Persediaan | Persediaan barang dan bahan merupakan salah satu roda penggerak paling penting dalam bisnis food and beverage. Dari persediaan inilah Anda bisa melakukan proses pembuatan makanan dan minuman untuk melayani pelanggan. Bahkan dari persediaan pula Anda mengetahui menu yang paling banyak di pesan yakni dengan mengecek jumlah persediaan stok barang. Mengingat pentingnya manajemen persediaan terhadap fungsi bisnis food and beverage Anda harus mengelolanya secara baik dan sistematis. Dengan begitu proses bisnis berjalan lancar sehingga meningkatkan peluang untuk meningkatkan pembeliaan pelanggan.

Ketahuilah Jenis Persediaan

Pengelolaan Manajemen persediaan akan lebih mudah dilakukan apabila Anda menggolongkan jenis barang atau bahan baku terlebih dahulu. Secara umum jenis persediaan dibagi menjadi 3. Pertama, bedasarkan tujuannya. Kedua bedasarkan cara penyimpanannya. Ketiga, bedasarkan perputaran siklusnya.

kumpulkan Data Persediaan

5 Tips Manajemen Persediaan Di Bisnis Food And Beverage

Setelah menggolongkan jenis persediaan, saatnya Anda mengumpulkan data persediaan selengkap mungkin. hai ini begitu penting dilakukan untuk mempermudah kegiatan menerima, menyimpan, mengeluarkan barang dari persediaan. Pengumpulan data persediaan harus dilakukan secara akurat agar menjadi landasan untuk menentukan angka persediaan selanjutnya. Pastikan jumlah persediaan barang yang ada didalam gudang sama dengan data.

Melakukan Forecasting

Forecasting adalah membuat perkiraan jumlah barang yang akan Anda tambah ke gudang. Anda bisa melihat data penjualan pada periode sebelumnya untuk melakukan forecasting. Contoh, Anda menggunakan 50 kg daging sapi per bulan selama 12 bulan terakhir. Nah, kemungkinan besar Anda juga akan membutuhkan 50 kg daging sapi untuk bulan selanjutnya. Disisi lain Anda perlu mempertimbangkan momen – momen khusus yang bisa mempengaruhi permintaan persediaan pada Hari Besar seperti Lebaran, Natal dsb.

Pisahkan Barang Baru dan Lama

Jika Anda masih mempunyai stok lama di gudang, lebih baik mengeluarkannya terlebih dahulu sebelum memasukkan stok baru. Misal, Saat melakukan forecasting ternyata ada beberapa stok persediaan yang harus Anda keluarkan. Sebaiknya Anda mengeluarkan stok persediaan yang usianya paling lama terlebih dahulu. Apalagi stok persediaan yang mudah basi seperti susu, buah dan sayur mayur.

Cek Kembali Sebelum Persediaan Disimpan

Sudah mengetahui berapa banyak stok persediaan yang harus ditambah, jangan langsung buru – buru menyimpannya di dalam gudang. Lakukan pengecekan kembali sebelum memasukkannya, pengecekan membantu Anda mengetahui jika ada barang cacat, salah produksi. Jika ditemukan barang cacat kumpulkan dalam satu tempat dan berikan tanda mengenai keterangan cacat.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga