Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips lengkap Memulai Bisnis dengan Dengan Digital Marketing

Memulai Bisnis Digital Marketing | Digital Marketing merupakan salah satu teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi Internet. Di Era yang serba digital ini, Teknik pemasaran internet terbukti lebih efektif dan efisien untuk memasarkan produk. Baik untuk perusahaan besar, menengah, maupun usaha yang baru merintis. Selain memerlukan Budget yang relatif lebih sedikit dibanding pemasaran konvensional, Platform digital nyatanya dianggap lebih mampu menarik perhatian masyarakat di era ini. Hal ini tidak terlepas dari adanya kecenderungan dan kebiasaan masyarakat yang menggunakan media online untuk berbagai aspek kebutuhan. 

digital marketing

Berikut ini saya akan membagikan 5 Tips lengkap yang dapat anda gunakan untuk memulai menggunakan digital marketing. Yuk simak tips nya.. 

Menentukan Konsep dan Strategi Pemasaran

Apapun yang akan anda kerjakan, biasakan untuk selalu membuat Rencana dan detail konsep. hal ini berguna untuk memperjelas ruang lingkup pekerjaan anda sekaligus memberi kontrol dan batasan untuk apa saja yang berada diluar kendali operasional anda. Dalam memulai teknik Digital marketing, anda perlu memperhatikan beberapa poin seperti :

Target Pasar, menentukan Target Pasar ini bertujuan memetakan Audience anda agar anda dapat menciptakan branding dan strategi yang tepat untuk menarik minat pasar. Anda dapat mulai menentukan target menurut usia, Pekerjaan, Gender, Lokasi dan beberapa kecenderungan lainnya. 

Memilih Platform digital, Berbicara tentang digital marketing erat kaitanya dengan media apa saja yang nantinya akan anda gunakan sebagai media promosi utama bisnis anda. Banyak pilihan yang dapat anda gunakan seperti Website berbayar / gratis, Media Sosial, email, afiliasi marketplace, dsb.

Tujuan yang ingin dicapai, sebagaimana Pemasaran Konvensional anda harus membuat agar promosi dan branding yang anda lakukan punya tujuan atau goal. Goal ini bisa bermacam- macam, seperti misalnya dengan digital marketing anda ingin memperbanyak customer baru, atau meningkatkan profit, atau memperluas jaringan dan pengetahuan pasar tentang produk anda dan masih banyak lagi.

Mulai Membangung Website, media sosial dan platform lainnya

Setelah anda menentukan konsep dari pemasaran anda, langkah selanjutnya adalah mulai membangun media promosi tersebut. Anda dapat membuat Web dan beberapa media sosial yang populer seperti Instagram, Facebook, twitter, dan lain- lain. Buatlah minimal 3 akun di media sosial yang berbeda. Dan untuk Website anda dapat menggunakan layanan website gratis maupun berbayar. Sertakan Deskripsi yang lengkap pada Web dan media sosial anda dengan cara yang menarik dan professional. 

Selain itu, Jangan Hanya terpaku pada beberapa media saja, perluas jaringan pasar anda untuk membuka banyak peluang. Mulai lah mencoba untuk membuat Email Marketing, membuat Layanan E commerce pada web anda, dan masuk ke banyak penyedia marketplace. 

Membuat Konten secara Rutin dan Konsisten

Buatlah Konten secara rutin di website ataupun media sosial. Jika perlu anda dapat membuat jadwal khusus untuk membuat Konten. Hal ini dapat berguna untuk mendapat banyak kunjungan di media yang anda gunakan.  Anda dapat menulis artikel terkait produk anda ataupun sesuatu yang lebih luas namun tetap berhubungan dengan produk yang anda tawarkan. Selain Menulis Artikel, anda juga dapat membuat Foto dan video dengan tema yang menarik perhatian konsumen sesuai dengan Target pasar yang sudah anda petakan. 

Selain memperhatikan Jadwal rutin untuk mengupload konten, Hal yang tidak kalah penting adalah Tentukan Keyword dan SEO yang anda gunakan agar memudahkan pencarian produk anda di internet. di Internet banyak sekali produk yang dipasarkan dengan jenis yang mungkin mirip dengan yang akan anda pasarkan, dalam hal ini anda perlu lebih detail dan lebih jeli dalam membuat Kata kunci pencarian. 

Mencari Traffic sebanyak- banyaknya

Sama hal nya saat anda memilih pemasaran di Toko, Semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang penjualan. Begitupun dengan pemasaran digital. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kunjungan ke website dan social media. Jangan hanya menunggu, Jemputlah pelanggan anda. Jika anda memiliki Website anda dapat membuat konten rutin dengan menggunakan SEO yang tepat. atau anda juga dapat memanfaatkan iklan berbayar atau ads di google. Untuk Social Media seperti Instagram, Twitter, Facebook, dsb, selain mengupload konten secara rutin, anda dapat mencari follower dan meningkatkan interaksi pada pengguna. 

REVIEW SECARA BERKALA

Jika semua langkah diatas telah anda kerjakan, maka jangan lupa untuk melakukan review secara berkala. Buatlah catatan Target secara Periodik. Hal ini bertujuan untuk mengukur efektivitas teknik digital marketing yang telah anda terapkan. Pastikan anda menilai dari statistik jumlah pengunjung dan interaksi, Jumlah penjualan anda dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu maintanance semua platform digital yang anda gunakan. Cari tau apakah semua media online yang anda gunakan sudah tepat sasaran atau belum. 

Nah, Demikian lah Tips yang dapat kami bagikan tentang Memulai Bisnis Digital Marketing. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk terus berkarya !