Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

5 Tips dalam Mengelola Keuangan Perusahaan
Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

Tips Mengelola Keuangan Perusahaan |Mengelola keuangan dengan baik adalah salah satu hal yang terpenting saat memiliki usaha. Jika kamu tidak cukup ahli dalam mengatur keuangan bersiap-siap bisnis kamu akan mengalami kesulitan dalam berkembang, rata-rata seorang pengusaha lebih tertarik dengan ide-ide bisnis untuk usaha mereka dan menganggap manajemen dalam mengelola keuangan merupakan hal yang nanti akan berjalan dengan sendirinya.

Terkadang, mereka masih sering mencampur aduk keuangan pribadi dan keuangan usaha. Ini adalah kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan. Strategi dalam mengatur keuangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha kecil ke arah yang lebih baik.

Dalam mengelola keuangan bukan hanya sekedar melakukan manajemen uang kas tetapi manajemen dalam mengelola keuangan merupakan bagaimana cara Anda mengelola kekayaan agar dapat menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal agar dapat membiayai usaha Anda. Meskipun terlihat sederhana, seorang pengusaha kecil serta menengah pun perlu menerapkan prinsip manajemen dalam mengelola keuangan usaha tersebut.

Lakukan Perencanaan General

Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan general untuk usaha. Apa saja program dan rencana usaha dalam satu periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan. Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut. Tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.

Buat Rencana Penghasilan

Untuk memulai sebuah pekerjaan diperlukan sebuah rencana yang baik. Namun, apabila perencanaan tidak dijalankan sepenuhnya, maka hasil yang didapatkan tentu tidak akan maksimal. Bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan kerugian. Karenanya, untuk mengelola keuangan diperlukan sebuah rencana untuk mengatur pemasukannya. Pikirkan mana produk yang dapat menghasilkan untuk perusahaanmu. Tentukan berapa banyak yang dapat diproduksi, lihat segmen pasar dan pastikan target penjualanmu. Jangan lupa, susun strategi pemasaran dengan lebih matang agar kamu dapat mencapai target sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Kelola Arus Kas Keuangan

Saat menjalankan sebuah usaha, Anda perlu untuk mengawasi arus kas keuangan secara berkala. Terkadang, arus kas keuangan menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh para pelaku usaha karena perlunya tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Jika Anda kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan, Anda dapat menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas dan menetapkan prosedur keuangan yang baik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi. ACCURATE 5adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol aliran kas hingga membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat, dan menyajikan data secara realtime.

Utamakan Kebutuhan Perusahaan

Ingat teori ini yaitu pemasukan harus lebih besar dibandingkan pengeluaran. Tidak hanya itu, pelaku bisnis juga harus cermat dalam memilih mana yang dibutuhkan perusahaan dan mana yang tidak. Hal ini demi menekan pengeluaran perusahaan, terlalu banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan akan membuat arus kas tidak seimbang. Karena itu usahakan untuk memprioritaskan kebutuhan yang memang dibutuhkan perusahaan. Contoh, seperti pengeluaran perusahaan untuk sewa kantor. Ini dapat kamu usahakan untuk mencari sebuah kantor dengan harga yang terjangkau dan nyaman, tidak perlu mencari kantor yang mewah.

Sisihkan Pendapatan Perusahaan Untuk Pengembangan Usaha

Bukan berarti kamu tidak dapat menikmati hasil keuntungan yang didapat dari bisnismu, alangkah bijaknya jika kamu dapat mengelola dana keuntungan tersebut untuk menjadi dana pengembangan usahamu. Salah satu tugas penting manajemen keuangan adalah menjaga bisnisnya untuk terus tumbuh dan berkembang. Semakin berkembang bisnis yang dijalani, maka semakin besar pula pendapatan yang diterima olehmu. Karena itu, sisihkan sebagian pendapatan bisnismu untuk mengembangkan usahamu.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ACCURATE 5 di ACCURATE BUSINESS CENTER atau Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga