Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips Cara Menghindari Piutang Tak Tertagih

5 Tips Cara Menghindari Piutang Tak Tertagih Menghindari Piutang Tak Tertagih | Dalam dunia bisnis piutang usaha merupakan salah satu aktivitas yang terjadi saat perusahaan menjual produk atau jasa kepada customer dan customer tidak langsung melakukan pembayaran, bisa dikatakan bahwa piutang ini ada karena customer membeli secara kredit. Bagi perusahaan piutang usaha ibarat pisau bermata dua, di satu sisi perusahaan bisa menjual produk atau jasa yang dimilikinya sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Di sisi lain bisa dikatakan kabar buruk karena customer telat dalam melakukan pembayaran dan perusahaan gagal dalam menagih piutang dari customer. Maka perusahaan tidak mendapatkan keutungan malah tersedat alur keuangan perusahaannya, oleh karena ituu perusahaan harus selektif dalam memilih customer dan memberikan piutang kepada customer. 

Berikut Cara menghindari Piutang Tak Tertagih  

  • Rajin Melakukan Follow Up. 

Dengan melakukan follow up terhadap piutang yang belum dibayarkan kepada cstomer, maka potensi untuk dibayarkan lebih besar. Barangkali customer lupa jika masih memiliki piutang yang harus dibayarkanm, sehingga menjadi piutang yang tidak tertagih. 

  • Tagih Lebih Agresif.

5 Tips Cara Menghindari Piutang Tak Tertagih

Jika Anda sudah melakukan follow dengan cara baik tidak membuahkan hasil, maka pihak perusahaan bisa melakukan tindakan yang lebih agresif untuk menagih piutang yang belum lunas. Bisa dengan melayangkan surat teguran kepada pihak yang terutang atau mengutus debt collector untuk menagih utang yang belum terbayarkan. 

  • Beri Denda Jika Terlambat Membayar.

Dengan memberikan denda keterlambatan pastinya akan membuat customer yang memiliki utang berfikir dua kali saat akan telat membayar utang. karena jika semakin terlambat dari waktu yang sudah di tentukan, maka utang yang harus dibayarkan juga bertambah banyak. 

  • Terapkan Kebijakan Limit Kredit.

Jika perusahaan memberikan limit kredit 30 hari untuk customernya, maka untuk mencegah piutang tak tertagih bisa dikurangi menjadi 2minggu atau perusahaan hanya melayani cutomer yang membeli secara tunai.

  • Blacklist Customer Yang Menunda Pembayaran. 

Jika keempat langkah sebelumnya sudah Anda lakukan semua tetapi tetap saja utang tidak terbayarkan, maka lebih baik Anda melakukan blacklist kepada konsumen yang sering telat melakukan pembayaran utang. 

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga