Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Tips Akuntansi untuk Bisnis Makanan

5 Tips Akuntansi untuk Bisnis Makanan

Tips Akuntansi Bisnis Makanan | Saat memulai bisnis makanan, Anda mungkin akan memulainya dengan bakat memasak dan passion dalam industri kuliner. Namun, jika hanya bermodalkan hal-hal tersebut, keuntungan hanya bisa diperoleh jika Anda memiliki pembukuan yang tepat. Itulah kenapa, strategi bisnis, organisasi, dan kemauan untuk mencatat catatan akuntansi sangat penting untuk menentukan apakah restoran Anda mendapatkan untung atau tidak.

Pembukuan restoran merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan restoran, namun hal ini bisa sangat terasa sulit, apalagi jika Anda baru pertama kali mengelola buku dan catatan keuangan Anda. Meskipun Anda tidak memiliki keahlian dalam angka, konsep akuntansi untuk bisnis makanan bisa terasa mudah dan sederhana jika Anda berkomitmen untuk tetap terus mencatat keuangan Anda dengan terorganisir.

Ada beberapa alasan penting kenapa Anda harus mengawasi pembukuan restoran Anda dengan cermat, yaitu:

  • Untuk mengetahui ke mana saja uang Anda dihabiskan.
  • Untuk melacak jumlah pengeluaran Anda.
  • Untung mengetahui dari mana keuntungan bisnis makanan Anda berasal.
  • Untuk mencari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk bisa mendapatkan untung.

Berikut ini adalah beberapa tips akuntansi untuk bisnis makanan yang bisa membantu Anda mencatat pembukuan restoran dengan lebih mudah dan agar Anda lebih mengerti tentang pembukuan restoran.

Bertanya Kepada Teman yang Sudah Menggeluti Bisnis Makanan

Salah satu langkah untuk memulai pembukuan restoran adalah dengan cara bertanya kepada teman atau rekan Anda yang sama-sama memiliki bisnis makanan tentang bagaimana mereka menangani pembukuan akuntansi bisnis mereka. Dengan mengetahui bagaimana seseorang yang sama-sama terlibat dalam industri profesional menangani akuntansi mereka, wawasan Anda akan semakin luas dan Anda dapat memiliki referensi untuk memulai catatan keuangan bisnis restoran Anda. Saat mendapatkan saran dari teman yang sama-sama menjadi pemilik restoran, Anda dapat menilai diri Anda apakah Anda mampu untuk mengurus masalah akuntansi restoran sendiri atau Anda harus memakai jasa pihak ketiga.

Buatlah pembukuan yang Akurat

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah bisnis makanan Anda untung atau tidak adalah dengan mencatat jumlah uang yang masuk dan keluar secara akurat. Hal ini mungkin terdengar sangat wajar, tapi banyak masalah keuangan yang muncul karena pemilik restoran kurang berdedikasi untuk mencatat pembukuan restoran dengan akurat. Anda harus mencatat jumlah uang secara tepat untuk setiap pengeluaran dan pendapatan di restoran Anda. Jangan pernah membulatkan nominal uang ke atas atau ke bawah lebih dari seminggu atau sebulan karena ini bisa mempengaruhi laba Anda.

Gunakan Software Akuntansi untuk Bisnis Makanan

Software akuntansi untuk bisnis makanan mencakup sistem POS atau Point Of Sale. Program ini dirancang untuk membantu Anda mengatur jumlah dan transaksi inventaris restoran dengan cepat dan akurat. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih software akuntansi untuk bisnis restoran Anda. Anda juga bisa memilih software yang memiliki fitur pengelolaan gaji, laporan penjualan, dan metode pembayaran.

Pembukuan Bisnis Restoran dengan Software Akuntansi ACCURATE
Bisnis Restoran Software Akuntansi

Sangat umum jika bisnis makanan Anda menggunakan software kasir atau pos untuk tranasaksi penjualan Anda. Masalahnya tidak semua software kasir mempunyai fitur pembukuan atau akuntansi yang lengkap.

Jika Anda menggunakan ACCURATE Versi 5 , Anda dapat mengintegrasikan software kasir Anda dengan ACCURATE Versi 5 untuk memberikan manfaat yang lebih optimal dalam kelangsungan bisnis Anda.

Saat ini ACCURATE Versi 5 sudah bekerjasama dengan  Rene Pos untuk pengintegrasian laporan penjualan, transaksi, dan laporan keuangan lainnya. Tidak hanya software kasir, kedepannya akan lebih banyak lagi integrasi antar software yang akan memudahkan operasional bisnis Anda untuk pengembangan yang berkelanjutan.

Tidak hanya Masakan Yang Harus Enak, Pembukuan Terencana juga Penting

Membangun bisnis makanan yang besar dan menguntungkan tidak hanya dipengaruhi oleh menu yang enak atau murah saja, melakukan pembukuan dan pengaturan keuangan yang terencana adalah hal yang penting Anda lakukan jika restoran Anda ingin berkembang.

Dengan ACCURATE Versi 5, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

HUBUNGI KAMI VIA TELP/EMAIL

031-5912996 / GALAXY@MYABCSHOP.COM

UNTUK MENDAPATKAN FREE DEMO PRESENTASI ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE DEKSTOP VERSI 5

Baca Juga