Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Strategi Mengatur Budgeting yang Tepat untuk UMKM

budget

5 Strategi Mengatur Budgeting yang tepat untuk UMKM |Sebuah Bisnis dan Usaha baik itu skala kecil sampai yang besar tentu membutuhkan Strategi terkait Budgeting atau mengatur anggaran. Tujuan Budgeting sendiri dapat difungsikan pihak manajemen dalam melakukan perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Selain itu, Budgeting  dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur seberapa besar tingkat pencapaian target perusahaan. Sebagai Pelaku Bisnis UMKM, sudah pasti anda ingin Usaha anda berkembang dan lebih maju dikemudian hari. Maka membuat Budgeting merupakan salah satu langkah untuk mencapai hal tersebut. 

Berikut ini Saya akan membagikan 5 Poin mengenai Strategi Mengatur Budgeting yang tepat untuk UMKM. Yuk simak selengkapnya. 

1. membuat rencana jangka pendek & panjang

Semua Bisnis dan Usaha baik itu yang kecil sampai dengan perusahaan besar pasti memiliki target dan rencana untuk pengembangan usahanya di masa depan. Anda harus dapat merinci secara detail Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang untuk bisnis anda di setiap bagian/ divisi yang ada. Hal ini adalah langkah awal dalam menetukan Budgeting yang tepat. Karena tanpa ada perencanaan Jangka Pendek dan jangka panjang, anda tidak akan memahami kebutuhan bisnis anda. 

2. Membuat prioritas dan kategori yang paling penting

Setelah anda membuat Perencanaan mengenai kebutuhan Perusahaan. Selanjutnya anda perlu mengurutkan Prioritas dan kepentingan bisnis dari yang paling mendesak dan penting. Tidak semua yang ada rencanakan harus dipenuhi tepat pada satu periode yang berlangsung. Ada kalanya beberapa hal teknis seperti kondisi pasar dan perdagangan yang tidak menentu dan tidak dapat kita kendalikan mengharuskan bisnis anda untuk mengabaikan kebutuhan rencana bisnis anda. Nah Catatan Prioritas ini penting agar anda dapat tetap menjalankan Rencana sesuai dengan apa yang ditentukan diawal. 

3. menghitung rencana biaya dan pendapatan

Jika Prioritas telah anda buat dan catat, maka anda perlu menghitung keseluruhan Rencana Biaya dan Pendapatan yang harus ada. Biaya dan Pendapatan tersebut dapat anda atur pada setiap periode jangka pendek maupun jangka panjang. Agar anda mengetahui ukuran dan nilai pasti mengenai Anggaran keuangan bisnis anda. 

4. memantau aliran arus kas secara berkala

Seiring berjalannya transaksi dagang di bisnis anda, Anda harus selalu memantau perkembangan Dana dan aliran arus kas. Arus Kas merupakan Informasi mengenai Uang masuk dan keluar yang telah terjadi pada usaha anda. Arus kas yang sehat dapat anda lihat salah satunya dari Hutang dan Piutang yang terjadwal dan terealisasi tepat waktu. Hal ini tentu dapat memudahkan anda dalam mengaktualisasikan budgeting yang telah anda tentukan. 

5. membandingkan anggaran dan biaya aktual

Antara Anggaran atau budgeting yang telah ditentuan biasanya memiliki selisih dan perbedaan nilai dengan biaya dan pendapatan aktual bisnis anda. Maka menjadi penting untuk selalu melakukan perbandingan anggaran. Hal ini harus anda lakukan secara berkala untuk dapat melakukan evaluasi dan solusi yang tepat akan budgeting yang telah anda lakukan. 

Demikianlah Artikel mengenai 5 Strategi Mengatur Budgeting yang tepat untuk UMKM. Semoga dapat Bermanfaat dan dapat menginspirasi anda. Sampai Jumpa pada Artikel selanjutnya.