Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Solusi Fitur Accurate Untuk Menghindari Fraud

5 Solusi Fitur Accurate Untuk Menghindari Fraud
5 Solusi Fitur Accurate Untuk Menghindari Fraud

5 Solusi Fitur Accurate Software Untuk Menghindari Fraud | Fraud adalah tindakan curang yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan diri sendiri, kelompok, atau pihak lain ( perorangan, perusahaan atau institusi ). Salah satu resiko bisnis yang patut diantisipasi perusahaan adalah terjadinya fraud atau kecurangan. Fraud dapat dialami oleh semua perusahaan, walaupun pernah terjadi di perusahaan kecil. Perusahaan besar pada umumnya sudah memiliki manajemen, karena ketersediaan dana dan juga karyawan yang bisa melakukan fungsi pengawasan secara optimal. Hal ini tidak bisa dihilangkan begitu saja.
Perusahaan perlu benar – benar serius mengantisipasi terjadinya fraud. Karena bisa menjadi batu penghambat yang serius bagi perkembangan perusahaan. Hambatan itu bisa bersifat seperti berkurangnya profit, bisa juga menyerang moral karyawan dan merusak sistem manajemen kerja. Guna mencegah terjadinya fraud, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu, apa sebenarnya fraud dan bagaimana bentuknya :

  1. Kecurangan Pegawai : sesuai dengan judul artikel ini. Melakukan kecurangan didalam perusahaan untuk kepentingan pribadi.
  2. Kecurangan Manajemen : kecurangan ini dilakukan oleh pihak karyawan yang tingkatan levelnya tinggi, sehingga dapat mempermainkan laporan keuangan secara sistem dengan muda.
  3. Kecurangan Pelanggan : kecurangan ini dilakukan pada pelanggan dan mengatas namakan perusahaan seperti nominal transaksi yang di markup dan hasilnya masuk dalam kantong sendiri.
  4. Kecurangan Dengan Pemasok : kecurangan ini adanya kerja sama karyawan dengan pemasok. Misalkan melakukan persetujuan untuk melakukan pembelian barang yang banyak dan harga tinggi. Pada nyatanya stok digudang masih cukup / banyak. Sehingga membuat perusahaan memiliki stok yang banyak.

Terdapat 2 hal penyebab fraud pada perusahaan :

  1. Tekanan : tekanan dapat seorang yakini bahwa merasa perlu untuk melakukan kecurangan atau dapat informasi negatif dari orang lain. Contohnya  karena membutuhkan uang untuk keperluan pribadi sehingga mendorong pegawai tersebut melakukan kecurangan. Oleh karena itu sebagai seorang pebisnis Anda harus benar – benar memperhatikan kesejahteraan pegawai. Kesejahteraan pegawai bukan kunci utama saja, bisa juga dari sikap kebiasaan melakukan kecurangan. Tetapi dengan adanya kesejahteraan memang sangat diperlukan agar dapat meminimalkan kecurangan didalam perusahaan Anda.
  2. Peluang : ketika terdapat peluang, maka adanya kesempatan untuk melakukan kecurangan. Faktor ini biasanya didorong karena lemahnya kontrol internal atau penyalahgunaan wewenang dalam perusahaan.

Untuk mengatasi fraud pada perusahaan, berikut 3 hal yang harus dilakukan oleh perusahaan :

  1. Disiplin Anti Korupsi : selalu berikan informasi tentang pentingnya anti korupsi. Sosialisasikan kabar ini lengkap dengan konsekuensi pelanggarannya. Berikan hukuman jika ada yang melakukan kecurangan didalam perusahaan.
  2. Manajemen SOP : dengan adanya SOP didalam perusahaan maka akan menyulitkan pegawai untuk melakukan fraud. Karena SOP ini saling sambung menyambung, jadi kemungkinan untuk melakukan kerjasama kecurangan bersama.
  3. Perbaikan Sikap : mungkin saja, jika ada pegawai yang melakukan kecurangan, itu disebabkan tidak adanya pahaman akan visi dan misi perusahaan. Atau bisa saja terpengaruh oleh hasutan tertentu dari pihak luar yang dibawanya masuk ke dalam perusahaan.
  4. Memiliki Software Keuangan : banyak developer maupun produsen perangkat lunak, yang mendesain produk – produk akuntansi dan manajemen data, sesuai dengan kebutuhan spesifik dari para pengguna. Jika perusahaan bersedia mengeluarkan uang atau budget khusus, bisa mendapat software yang sangat membantu dalam mengatasi masalah – masalah akuntansi dan pembukuan lainnya, sesuai dengan kinerja perusahaan. Software keuangan juga dapat di kombinasi dengan SOP, sehingga dapat meminimalkan fraud didalam perusahaan.

Dengan menggunakan software keuangan Accurate, berikut 5 Solusi Fitur Accurate Untuk Menghindari Fraud :

  1. Fitur Accurate, semua fitur yang ada didalam Accurate saling terhubung.
  2. Memiliki Profil Pengguna, dimana setiap pengguna setiap akan melakukan aktifitas pada Accurate harus memasukan password.Dengan password dan akses hal ini akan mempersempit ruang gerak yang ingin melakukan kecurangan.
  3. Adanya laporan Jejak Pemeriksaan, laporan pemeriksaan ini dapat menampilkan secara rinci apa saja yang dilakukan setiap pengguna dan tinggkatan level tertinggi. Seperti melakukan buat, edit hapus transaksi. Di dukung dengan jam dan tanggal.
  4. Keamanan Database, database Accurate sudah memiliki sekuriti bertingkat. Misalkan pegawai Anda mengambil database tanpa sepengetahuan dan akan mencoba akses, maka sudah dijamin tidak akan bisa. Karena setiap ingin melakukan buka database harus menggunakan aplikasi Accurate.
  5. Legal dan Licensi, tidak berhenti disitu saja pegawai Anda sudah mendapatkan database bahkan sudah memiliki aplikasi Accurate. Apakah akan bisa terbuka? tentu tidak karena setiap aplikasi Accurate harus terdaftar dahulu baru akan bisa membuka database.

Bapak dan Ibu ingin mendapatkan Informasi cara mengetahui menghindari FRAUD, HUBUNGI Saya Dekky Tendean 0817378583 dekky@myabcshop.com

Dekky 0817378583

Baca Artikel Menarik Lainnya :