Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Hal Penting Standar Operasional Prosedur Untuk Bisnis Anda

5 Hal Penting Standar Operasional Prosedur Untuk Bisnis Anda

5 Hal Penting Standar Operasional Prosedur Untuk Bisnis Anda |Standar Operasional Prosedur (Standard Operating Procedure) atau SOP kehadirannya sangat berperang penting di dalam suatu perusahaan swasta, perusahaan instansi pemerintah, yayasan, sekolah, universita, organisasi sosial, lembaga organisasi. Standar Operasional Prosedur adalah berisikan tentang prosedur atau tahapan pekerjaan yang harus dilakukan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh perusahaan bersangkutan. Berikut tujuan Standar Operasional Prosedur, antar lain :

  • Untuk sebagai acuan menejalankan kinerja.
  • menjamin setiap unit kerja menjalankan aktivitas dengan tepat, cepat, efektif dan efiesien dan terhindar dari kesalahan.
  • Untuk menghindari kegagalan atau kesalahan, keraguan, duplikasi serta pemborosan dalam proses pelaksanaan kegiatan atau pencurian.
  • Untuk menilai mutu pelayanan.
  • Untuk lebih menjamin sumber daya manusia secara efisien dan efektif.
  • Untuk menjelaskan alur tugas, wewenang dan tanggung jawab.

Standar Operasional Prosedur ini bukan hanya dibuat sekali saja, namun perlu adanya evaluasi apa yang sudah dikerjakan. Melihat apakah hasilnya sesuai atau tidak, jika terjadi hal yang tidak sesuai maka dapat melakukan revisi terhadap standar operasional prosedur yang sudah dibuat. Dengan menjalankan standar operational prosedur didalam perusahaan dapat membuat semakin kuat dan makin maju menuju kesuksesan.

Berikut 5 Hal Penting Standar Operasional Prosedur Untuk Bisnis Anda :

  1. Standar Operasional Prosedur Internal Audit ; bertujuan untuk melakukan penilaian dari apa yang dikerjakan oleh perkerja. Seperti melihat alur pencatatan penjualan dan pembelian bahkan bisa ke laporan keuangan.
  2. Standar Operasional Prosedur Produksi ; bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap barang jadi apakah banyak barang rusak atau perlu diproduksi ulang.
  3. Standar Operasional Prosedur Barang Kadaluarsa ; bertujuan untuk mengecek keadaan barang apakah layak untuk dijual ke pasar.
  4. Standar Operasional Prosedur Kode Produksi ; bertujuan untuk mengetahui barang dipasar, apabila terjadi hal yang dapat merugikan perusahaa, maka perusahaan akan dapat melakukan penarikan barang.
  5. Standar Operasional Prosedur Hambatan Kinerja Pekerja ; tidak hanya pengatur standar operasional prosedur perusahaan saja, melainkan mencari apa yang menjadi penghambat kemunduran dari kinerja pekerja diperusahaan.

Artikel Menarik Lainnya :