Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Cara Mengelola Stok Barang Dagang Di Usaha Anda

5 Cara Mengelola Stok Barang Dagang Di Usaha Anda
5 Cara Mengelola Stok Barang Dagang Di Usaha Anda

5 Cara Mengelola Stock Barang Dagang Di Usaha Anda |Mengelola stok barang dagang adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Apabila jumlah stok barang dagan yang sedikit akan mudah untuk dikelola. Tetapi, bagaimana jika bisnis Anda mulai berkembang dan stok barang dagang yang dikelola semakin banyak sehingga mencapai angka ribuan. Pastinya itu bukan lagi hal yang mudah untuk dikerjakan. Pada saat Anda tidak mengelola stok barang dagang dengan baik maka kemungkinan seperti kelebihan atau kekurangan barang dagang. Jika hal ini terus terjadi kemungkinan anda akan mengalami kerugian dalam usaha yang Anda kembangkan. Mengelola stok barang dagang dengan efektif merupakan hal yang tak mudah dalam menjalankan bisnis. Meskipun hanya mengatur waktu pemesanan dari jumlah, harga barang dagang tetapi untuk menghasilkan data yang akurat, dibutuhkan perhitungan yang detail. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, berikut 5 cara mengelola stok barang dagang di usaha Anda :

“Mengelola stok barang yang tidak efisien akan menghasilkan keuntungan yang kurang maksimal

Penyimpanan Rapi Digudang

Pentingnya memiliki gudang dan disimpan dengan rapi akan membuat team Anda akan mudah melakukan kontrol dan tidak mudah rusak. Dengan menyimpan barang dangan sesuai kategori akan memudahkan pengambilan pada saat melakukan penyimpanan dan pengiriman.

Barang Baru dan Lama

Pisahkan barang yang baru dan lama, sehingga dapat meminimkan barang yang akan expired.

Stok Opname

Lakan stok opname secara rutin pada setiap gudang dan barang sehingga meminimkan kehilangan barang atau menghindari barang yang tidak bisa dijual.

Barcode atau Kode Barang

Perlu adanya pengkodean disetiap barang agar memudahakan untuk pencatatan secara manual atau sistem.

Memiliki Aplikasi Stok Barang Dagang

Mengelola barang dagang yang banyak dan mencapai ribuan tidak mudah, tidak semudah membalikan tangan Anda. Jika mengelola hanya mencatat secara manual akan membingungkan dan bila melakukan pengecekan akan memakan waktu yang lama. Lebih baik menggunakan sistem aplikasi untuk mengelola stok barang dagang.

Dalam mengelola stok barang dagang di gudang, Anda juga dibutuhkan beberapa analisa untuk menghindari dari hal – hal yang merugikan. Analisa tersebut berupa :

  • Pastikan dapat mengetahui dan mengenal jenis barang dagang yang disimpan dan cara merawatnya.
  • Terapkan sistem administrasi dan dokumentasi yang mampu memonitor arus keluar, masuk, dan penambahan stok barang.
  • Protokol caara dan prosedur penyimpanan, sehingga barang dapat bertahan di gudang sebelum adanya pengiriman atau permintaan dari pelanggan.

Dengan Software ini Anda dapat melakukan pengelolahan stok barang dagang dengan mudah. Bapak dan Ibu ingin mengetahui cara mengelola stok barang dagang, Hubungi Dekky 0817378583. Saya siap memberikan solusi untuk usaha besar Anda.

Baca Artikel Menarik Lainnya :