Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

5 Alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

5 Alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

Pentingnya Manajemen Aset Perusahaan | Aset dalam pembukuan perusahaan adalah sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan. Dimana setiap perusahaan pasti memiliki sebuah aset, baik yang berwujud seperti bangunan, tanah, perlengkapan ataupun yang tidak berwujud seperti saham, hak cipta, dan merek. Aset merupakan bagian terpenting dari perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Aset perusahaan setiap tahunnya harus diperiksa untuk melihat apakah ada aset yang masih bisa dipakai atau harus diganti. Setiap perusahaan harus mengetahui aset yang dimilikinya masih bisa dikelola atau harus diganti, karena dengan adanya manajemen aset yang baik perusahaan bisa menekan pengeluaran atau menambah pemasukan uang kas. Manajemen aset dapat dilakukan dengan melibatkan semua pihak dalam level manajemen sehingga keputusan dapat diimplementasikan secara baik disemua bagian perusahaan.

Berikut Alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

  1. Menjaga Nilai Aset. Dengan melakukan manajemen aset perusahaan dapat menjaga nilai aset yang dimiliki agar tetap tinggi, memiliki usia yang lebih panjang, serta menghindari kerusakan terhadap aset yang bisa menyebabkan turunnya nilai jual.
5 Alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

2. Memonitor Penyusutan Aset. Penyusutan merupan salah satu resiko jika mempunyai aset tetap pada perusahaan. Dimana aset akan mengalami penyusutan. Mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai, namun dengan adanya manajemen aset perusahaan akan lebih mudah melakukan pemonitoran terhadap penyusutan.

3. Mempermudah Pembuatan Anggaran. Dengan melakukan manajemen aset, perusahaan akan lebih membuat perencanaan yang menyangkut pendanaan aset seperti dana untuk pembeliaan atau kontruksi, pemeliharaan, hingga dana untuk memperpanjang usia dan menghapus aset yang ada pada perusahaan.

4. Menciptakan Manajemen Resiko. Manajemen resiko adalah metode pengelolaan ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman seperti penilian resiko. Hal ini sangat penting karena dapat menciptakan kesadaran perusahaan tentang adanya bahaya dan resiko dari aset yang Anda miliki. Dengan melakukan manajemen aset, perusahaan dapat meminimalisir resiko dengan menambah langkah pengendalian yang diperlukan dan membuat langkah pencegahan.

5. Meningkatkan Keamanan. Dengan melakukan manajemen aset, maka aset yang dimiliki perusahaan akan tersimpan dengan baiksejak pertama hingga akhir. Hal ini dapat mengurangi kehilangan aset pada perusahaan Anda.

Itulah beberapa alasan pentingnya manajemen aset, namun mengelola aset perusahaan bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu ACCURATE 5 hadir membantu pengusaha dalam pengelolaan aset perusahaan Anda. Dengan menggunakan ACCURATE 5, Anda akan mendapatkan laporan aset yang menampilkan daftar aset tetap dengan harga perolehan awal, akumulasi penyusutan, hingga nilai akhir aset.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga