Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

4 Jenis Laporan Keuangan yang penting untuk perusahaan

4 Jenis Laporan Keuangan 

jenis laporan keuangan

Jika anda sedang memiliki Usaha, Bisnis , atau perusahaan, tentunya anda tidak asing lagi dengan laporan keuangan. Ya ! Laporan keuangan memang memiliki peranan yang sangat penting untuk perusahaan. Laporan keuangan dapat dijadika bahan untuk pengambilan keputusan dan dapat dijadikan bahan untuk menganalisa kesehatan finansial di suatu perusahaan. Lalu Laporan keuangan apa saja yang penting untuk perusahaan ?

1. laporan neraca

Laporan Neraca merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan perusahaan yang menunjukan posisi keuangan pada periode tertentu. Neraca berisi data sistematis yang terdiri dari aktiva (termasuk Aktiva Tetap dan aktiva lancar), utang/ Passiva, dan modal.

yang dapat anda ketahui melalui Laporan Neraca : 

  • Jumlah Kekayaan Perusahaan 
  • Kemampuan Perusahaan membayar kewajiban 
  • Informasi Hutang 

 

2. laporan laba rugi

Laporan Laba Rugi merupakan salah satu bagian laporan keuangan yang menjabarkan unsur- unsur pendapatan dan beban perusahaan pada periode tertentu yang akan memberikan informasi tentang labah rugi bersih di suatu perusahaan. 

Laporan Laba rugi yang memberikan informasi pendapatan perusahaan biasanya dapat bertujuan untuk menunjukan profitabilitas kepada investor dan kreditur yang memiliki kepentingan di perusahaan. 

3. laporan arus kas

Laporan arus kas juga bagian dari laporan keuangan yang penting bagi perusahaan. Pada Laporan arus kas anda akan mendapat informasi yang menunjukkan aliran keluar masuk uang. Manfaat Laporan Arus Kas perusahaan antara lain : 

  • Laporan arus kas memberikan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan dalam mengevaluasi perubahan kekayaan bersih dana suatu entitas pelaporan.
  • Laporan arus kas juga berguna sebagai indikator jumlah arus kas pada masa yang akan datang 
  • Laporan arus kas juga bermanfaat untuk mengetahui kemamuan perusahaan dalam membayar deviden dan melaksanakan keawajibannya. 

4. laporan perubahan modal

Laporan Perubahan Modal merupakan laporan keuangan yang menggambarkan peningkataan atau penurunan kekayaan perusahaan pada suatu periode tertentu. Laporan Perubahan modal dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang menyebabkan perubahan dalam ekuitas pemiliki selama periode akuntansi. Komponen yang terdapat pada laporan perubahan modal antara lain : 

  1. modal awal
  2. pengaruh perubahan kebijakan akuntansi 
  3. pengaruh koreksi kesalahan periode sebelumnya 
  4. saldo yang disajikan kembali 
  5. perubahan modal saham 
  6. deviden
  7. laba rugi untuk periode tertentu 
  8. perubahan dalam cadangan revaluasi 
  9. keuntungan dan kerugian lainnya 
  10. saldo akhir 

accurate 5 software

Membantu menyajikan berbagai laporan penting untuk perusahaan 

Accurate Work From Home

berikut ini adalah 4 Contoh Laporan utama yang dapat disajikan Accurate 5 Software. 

4 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Selain 4 Laporan diatas, Accurate juga menyediakan berbagai laporan lainnya yang total nya lebih dari 120 laporan yang dapat anda tarik informasi nya. Laporan tersebut tentunya sudah otomatis diolah oleh sistem saat anda menginput Transaksi di accurate. Kini anda tidak perlu repot untuk membuat laporan, Accurate 5 Software Solusinya !

Ingin tau Accurate Software lebih lanjut ?

Silahkan hubungi kontak dibawah ini

eka arianti f

eka.arianti@myabcshop.com