Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

4 Hal Pentingnya Manajemen Aset Di Usaha Anda

Pentingnya Pencatatan Aset Di Usaha Anda
Pentingnya Pencatatan Aset Di Usaha Anda

4 Hal Pentingnya Manajemen Aset Di Usaha Anda|Aset dalam akuntansi adalah sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh Perusahaan. Dan dimana setiap perusahaan pasti memiliki sebuah aset, baik yang berwujud seperti tanah, bangunan, perlengkapan, atau yang tak berwujud seperti saham, hak cipta, dan merek. Aset merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan.

Manajemen aset sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan, bertujuan agar lebih bermanfaat bagi perusahaan. Selain itu manajemen tidak melakukan pencatatan saja, namun seberapa maximalnya aset tersebut digunakan untuk keperluan perusahaan. Aset perusahaan setiap tahunnya atau minimal 6 bulan perlu dilihat apakah aset ini layak dipakai dirawat atau diganti. Karena aset memiliki umur kerja, jika sudah tidak mampu untuk membantu perusahaan sebaiknya segera dijual dan digantikan dengan yang baru.

Berikut 4 Hal Pentingnya Manajement Aset Di Usaha Anda, antara lain :

Menjaga Nilai Aset : Perusahaan dapat menjaga nilai aset yang dimiliki tetap tinggi, memiliki usia yang lebih panjang, serta menghindari kerusakan terhadap aset yang bisa menyebabkan turunnya nilai jual. Untuk menjaga nilai aset, perusahaan harus menyediakan biaya operasional yang memadai sehingga dapat menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang tinggi dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Memantau Penyusutan Aset : Penyusutan merupakan salah satu risiko atas penggunaan aset tetap, di mana aset akan mengalami penyusutan, mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai. Dengan adanya manajemen aset, perusahaan akan lebih mudah memantau terhadap penyusutan aset tersebut.

Memantau Nilai Anggaran : Perusahaan akan lebih mudah membuat perencanaan yang menyangkut dana aset seperti dana untuk pembelian, pemeliharaan, hingga dana untuk memperpanjang usia dan menghapus aset perusahaan.

Meningkatkan Keamanan : Aset yang dimiliki oleh perusahaan harus tersimpan dengan baik sejak pertama hingga akhir. Hal ini dapat mengurangi risiko kehilangan aset perusahaan. Tingkatkan keamanan, berikan sosialisasi cara menggunakan aset dengan baik.

Artikel Bagus Yang Perlu Anda Baca :